Zet Sonny Libing : Penjabat Sementara Adalah Jabatan Pemerintahan Bukan Jabatan Politik


Kota Kupang,- Zet Sonny Libing merupakan salah satu dari keenam pejabat di lingkup pemprov. NTT yang dikukuhkan oleh Gubernur NTT pada hari Sabtu, 26/09/2020 untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah pada kabupaten di NTT yang melaksanakan Pilkada 09 Desember 2020. Karena setiap Kepala Daerah mencalonkan diri kembali pada  pilkada secara regulasi, Undang-Undang Pemilu dan peraturan KPU wajib mengundurkan diri.

Zet Sonny Libing Penjabat Sementara  (Pjs) di Kabupaten Manggarai, saat diwawancari awak media memberikan jawabannya tentang situasi pilkada Manggarai yang akan beliau hadapi sebagai penjabat sementara. Karena pilkada Manggarai  dinamika atau gejolak politiknya terlihat ketat, apalagi pertarungannya head to head antara in cumbent dan penantang baru yang juga patut diperhitungkan. 

Bagaimana yang akan dilakukannya sebagai seorang penjabat. Ia menjawab dengan lugas,"ada dua tugas utama seorang penjabat sementara, paling pertama adalah menciptakan suasana yang kondusif, supaya proses pilkada itu berjalan dengan baik, tentu aman dan damai serta masyarakat dengan senang hati dan bergembira untuk menentukan political electionnya, menentukan pilihan politiknya, politik choosenya dengan baik sehingga apa yang menjadi cita- cita politiknya juga tercapai dengan baik. Bisa jadi dalam proses politik  ada dinamika politik. Nah kita harapkan agar dinamika politik jangan terjadi terlalu panas yang bisa berdampak pada konflik politik. Kita tidak menginginkan seperti itu (terjadi konflik politik merusak proses- red). "

Dari ungkapannya  Zet terlihat   berencana  akan memulai bertugas dengan membangun koordinasi dan konsolidasi. Hal tersebut nampak jelas penegasannya, "tugas penjabat sementara adalah bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan penyelenggara pemilu, aparat keamanan, tokoh-tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat lainnya dan seluruh masyarakat. Dengan demikian kita harapkan dinamika politik itu hanya sebuah persaingan politik, tidak menjurus pada hal-hal yang kita tidak ingini. Dan seorang penjabat sementara itu dia adalah pejabat pemerintahan, dia bukan seorang pejabat politik. Karena itu dia harus bersifat netral dalam menjaga proses politik itu. Itu pertama tugas seorang pejabat sementara,"ujarnya dengan nada suara seorang pemimpin birokrasi yang ramah.

Zet Pjs. yang baru dikukuhkan siang hari  itu,  malam harinya langsung temu muka dengan para tokoh Manggarai di Kota Kupang, dan dalam keterangannya lebih lanjut kepada awak media mengungkapkan, "yang kedua, penjabat sementara itu juga punya tugas bagaimana menjaga kontinuitas, keberlangsungan dari penyelenggaraan pemerintahan itu. Artinya program pembangunan pemerintahan harus berjalan terus. Pelayanan kepada masyarakat harus jalan terus. Administrasi pemerintahan pun harus jalan terus. Ia tidak boleh mengalami stagnansi, hanya karena proses politik. Disitu seorang pejabat sementara hadir membangun  dan bersinergi terutama dengan seluruh komponen yang ada di Manggarai itu agar semua bisa berjalan dengan baik."

Sebagai Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah  yang masih melekat dengan jabatan sekarang, dalam hal mengatur waktu dan perhatian supaya dua-duanya dapat berjalan, beliau mengatakan, nanti akan ada plt. Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah. Dengan demikian ia akan konsentrasi menjalankan tugas pemerintahan di Manggarai. Sedangkan tugas Kepala Badan Pendapat dan Aset Daerah akan dijalan oleh seorang pelaksana tugas yang ditunjuk oleh Gubernur. 

Putra Alor, Pjs. Kabupten Manggarai  pada acara ramatamah  hari Sabtu, 26/09/2020 malam minggu di rumah makan Taman Laut Kota Kupang, juga menjawabi pertanyaa wartawan soal hatinya atau perasaan ketika dipercayakan untuk tugas baru tersebut, ia mengatakan, ini sebuah penugasan. Jabatan diberikan bukan sekedar kepercayaan, tetapi  penugasan, karena itu harus dijalankan. Tugas tentang apa, yaitu tugas menjaga proses politik yang ada berjalan dengan baik, aman,damai dan sejahtera serta penyelenggaraan pemerintahan secara kontinu.

Demikian Zet Sonny Libing Pjs. di Manggarai selama tiga bulan  mengisi kekosong jabatan bupati Manggarai, sebagaimana kelima kabupaten pilkada 2020 diisi oleh kelima teman Sonny.  Mereka itu   adalah Fredy Kapitan, Pjs. Sabu Raijua,  Zakarias Moruk Pjs. Bupati Belu,  dr. Meserasi Ataupah, Pjs. Bupati  Malaka,   Samuel  Pakereng Pjs. Bupati Sumba Barat dan  Linus  Lusi  Pjs.  Bupati Ngada.***(mm)




Iklan

Iklan