Bildad dan Obet Nakhodai KAI NTT Siap Lakukan Konsolidasi

Foto kiri: Bildad T.M. Thonak dan kanan: Obet Djami

Kota Kupang,mutiara-timur.com//KETUA dan Sekretaris terpilih Bildad T.M. Thonak, S.H., dan Obet Djami, S.H., MH., Nakhodai Komisi Advokat Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (KAI NTT) periode 2023-2028 siap melakukan konsolidasi internal untuk pengembangan program organisasi tersebut. Rencana konsolidasi adalah menemui pengurus lama baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten kota.

Hal ini bermaksud untuk mengikateratkan kembali hubungan yang mungkin dalam MUSDA ini sedikit ada kerenggangan akibat dari proses pemilihan pengurus. Demikian disampaikan Ketua dan Sekretaris terpilih itu ketika ditemui media di Swiss Berlin Crystal ballroom Hotel Kota Kupang, Sabtu 26 Agustus 2023.

Bildad Thonak Ketua terpilih, sebelumnya mengatakan program ke depan akan dilakukan adalah proteksi terhadap anggota KAI dan juga menyiapkan kantor sekretariat sebagai tempat konsultasi dan mengembangkan kolaborasi dengan para pihak penegak hukum serta pengacara lain yang belum masuk sebagai anggota KAI NTT.

"Kita akan melakukan proteksi terhadap anggota KAI NTT bila terjadi ketidakadilan menimpah mereka, atau ada kriminalisasi. Kita akan menjadi garda terdepan untuk melakukan proteksi," ungkap Ketua terpilih.

Dikatakannya juga, "selain itu kita akan berupaya menyiapkan tempat, sekretariat untuk membangun kebersamaan dengan semua anggota KAI NTT dan kolaborasi dengan para pihak penegak hukum, kepolisian, kejaksaan, pengadilan dan juga pengacara lain yang belum gabung sebagai anggota KAI NTT. Semuanya ini bertujuan untuk menjaga marwah dari organisasi advokat dalam menegakkan keadilan," tambahnya.

Obet selaku Sekretaris terpilih menambahkan, "saya dan ketua terpilih dalam waktu dekat ini akan melakukan konsolidasi internal. Hal ini sangat perlu karena bahwa dalam proses pemilihan ketua dan sekretaris baru tentu ada ruang yang menimbulkan keretakan, dan hal itu harus segera dijahit kembali agar keretakan seperti ini tidak berlalu lama. Karena kami tahu kami sebagai orang muda dan baru terpilih jadi ketua dan sekretaris yang memenangkan rekan senior kami tentu perlu ada sebuah upaya bangun komunikasi yang baik demi kebersamaan organisasi KAI NTT ke depan. Kami ingin KAI NTT ini bersatu kuat dan berdampak bagi masyarakat umum sehingga kebersamaan tetap terbina mulai di tingkat DPD KAI Provinsi Nusa Tenggara Timur sampai ke DPC kabupaten kota."


Sekjen KAI Nasional, Apolos Djara Bonga 

Sementara itu Sekjen KAI Nasional, Apolos Djara Bonga ,S.H., berpendapat Ketua dan sekretaris terpilih merupakan kader terbaik dan mereka memiliki kemampuan untuk menghandle dan menjaga marwah organisasi tersebut.

"Setelah ini mereka akan melaporkan hasil pemilihan ke KAI Nasional selanjutnya akan dipersiapkan untuk pelantikan dan setelah itu melaksanakan program KAI NTT. Ketua dan sekretaris terpilih adalah orang muda dan energik tentu mampu menjaga warmah lembaga ini dan dapat membesarkan KAI di NTT. Itulah wewenang yang akan mereka laksanakan dan kami di KAI Nasional siap mendukung," ungkap Sekjen KAI Apolos.

Dilanjutkannya pula, " Bagi ketua dan sekretaris sebelumnya, Pak Fredrik Djaha dan Luis Balun saya akan menarik kedua untuk menjadi pengurus di KAI Nasional. Itu komitmen saya. Pak  Edi dan Luis kita tarik dan tempatkan mereka pada posisi wakil sekretaris jenderal KAI di pusat. Karena sudah saatnya kita orang NTT mengambil bagian di tempat strategis pada organisasi Advokat ini," tutup Apolos Djara Bonga. *(go)

Iklan

Iklan