Audiens Dengan KOREM dan KESBANGPOL NTT Sebuah Langkah FKKPBM NTT Tunjukkan Eksistensinya

Tim FKKPBM NTT berama Letkol Kav.Jefri, Kasieter KOREM 161/WS (Rabu, 07/12/2022)  di Kantor KOREM NTT 

Kupang, mutiara-timurcon //Forum Komunikasi Keluarga Purnawirawan Baret Merah Provinsi Nusa Tenggara Timur (FKKPBM NTT) beraudiens dengan KOREM dan Kesbangpol NTT dalam rangka memperkenalkan organisasi dan menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah wadah formal dan legal.

Hal ini diungkapkan Drs  Clementino C. Branco, M.Si., Ketua FKKPBM NTT, yang didampingi Sekretaris, Marianus Minggo, S.Fil,  Pengurus bidang hukum Luis Balun,SH dan Seravina Nggebu Cornelis, SH serta  bidang Humas,  Agus Sarmento, S.ST saat di Sekretariat FKKPBM NTT Penfui Timur, Kupang pada hari Rabu, (07/12/22).

" Kami melakukan audiens bertujuan memperkenalkan keberadaan FKKBM di NTT sebagai sebuah organisasi masyarakat yang resmi dan secara legalitas kami dapat pertanggungjawaban," ungkap Clementino.

Clementino juga menuturkan perlunya audiens dengan KOREM dan Kesbangpol memang sangat penting karena sesuai arahan DPP FKKBM kedua lembaga ini akan menjadi mitra dalam hal pembinaan atau pendampingan agar lembaga ini berjalan sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang ormas.

 "Kami audiens dengan kedua lembaga ini sangat penting karena keduanya adalah mitra FKFPBM NTT dengan peran memberikan pengawasan, pembinaan atau arahan tentang ormas sesuai aturan. Ini juga sesuai petunjuk dari DPP FKKPBM Nasional, dimana secara legalitas organisasi ini sudah ada dan kami juga serahkan kopiannya ke mereka," ujar Ketua FKKPBM NTT.

Disamping penuturan Ketua, Marianus Minggo, sekretaris FKKBM NTT menambahkan, kegiatan tatap muka atau beraudiensi dengan kedua lembaga tersebut bermaksud menghadirkan kedua lembaga pada tanggal 10 Desember dalam acara pelantikan pengurus FKKBM NTT yang sudah sejak awal tahun 2022 proses pembentukannya dilakukan.

"Audiens ini selain semacam melaporkan keberadaan FKKPBM di provinsi Nusa Tenggara Timur, dimana secara organisasi sudah memenuhi syarat baik legalitas formalnya, kesekretariatan dan maupun Kepengurusannya, mulai dari Dewan Pembina, Dewan Penasehat, Dewan Pengurus sampai dengan bidang-bidang organisasi. Tapi juga ada muatan silaturahim membangun kebersamaan yang akan diteruskan dengan  acara  pelantikan Pengurus hari Sabtu, tanggal 10 Desember 2022. Kami menginginkan kedua institsusi ini hadir, sehingga pada kesempatan audiens tersebut, kami juga memberikan undangan acara pelantikan, " ungkap Marianus Minggo selaku Ketua Panitia Pelantikan.

Selain Sekretaris, Ketua Bidang Hukum, Luis Balun, SH mengatakan, "Ruang audiens ini amat penting supaya pemetintah atau lembaga mitra seperti ini mengenal  dan mudah mengidentifikasi ketika ada program untuk ormas gampang dipetakan sesuai ciri khas, atau kategori ormas itu. Apa yang mau mereka berikan dalam penguatan kelembagaan dan sebagainya. Bila saja penguatan di bidang hukum kami ada di FKKPBM NTT.  Sebagai pengurus di bidang hukum kami siap membackup FKKPBM NTT, " kata advokat kaliber dari NTT ini.

Tim FKKPBM NTT Bersama Kepala Kantor Kesbangpol NTT (Rabu,07/12/2022) di Kesbangpol NTT.

Agus Sarmento, selaku ketua bidang Humas menuturkan,   "FKKPBM NTT ada organisasi yang bernaksud menghimpun semua keluarga Purnawirawan Baret Merah untuk bergabung bersama. Ini Forum sebagai sebuah wadah menyalurkan kepentingan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Forum ini juga membuka ruang untuk semua masyarakat yang ingin bersama keluarga Purnawirawan Baret Merah punya pandangan yang sama membangun bangsa lewat program kemasyarakatan yang nyata. Jadi Forum ini ada kata komunikasi berarti membangun hubungan dengan siapa saja, tidak ekslusif. Terbuka untuk umum yang penting demi kedaulatan NKRI."

Agus juga menambahkan audiens yang dilakukan pada dua lembaga itu ada kesan yang baik, sinergitas diharapkan ke depan akan terbangun.

"Kami lihat dari audiens baik di KOREM yang diterima oleh bapak  Letkol Kav. Jefri Kasieter Korem 161/WS dan di Kesbangpol NTT, bapak Kepala, Johanes Oktovianus, keduanya respek amat baik. Ada sinergistas akan terbangun ke depan. Sebagai pengurus di bidang Humas FKKPBM NTT kami akan siap melaksanakan tugas yang diberikan Ketua untuk urusan pada ke dua lembaga tersebut. Bahkan pada lembaga mitra lainnya," ujar Agus.

Sementara itu, Sekretaris Panitia, Seravina Nggebu Cornelis merasa senang sebuah pengalaman yang baik ketika beraudiensi dengan kedua instansi itu. 

"Kami merasa senang karena kesediaan diterima oleh pimpian kedua instansi dengan berkesan. Ada kesan spirit yang baik untuk memberikan dukungan kepada FKKPBM NTT dalam perjalanan ke depan. Kami sudah serahkan undangan untuk keduanya, semoga mereka bisa hadir, kalau pimpinan berhalangan mungkin ada utusan mewakili, itu harapan kami," ucap advokad muda ini.*(antido)

Iklan

Iklan