DPD Partai Hanura Provinsi NTT Tetapkan Viktor B Laiskodat Bakal Calon Gubernur Pilkada 2024

Mutiaratimur.net// HANURA adalah Partai Politik yang pertama dengan keputusan menetapkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat sebagai Bakal Calon Gubernur pada Pilkada tahun 2024.

Demikian Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi Nusa Tenggara Timur (Prov. NTT) Refafi Gah melalui Sekretaris DPD Hanura Elias Koa membacakan  nama-nama Bakal Calon Pilkada 2024  di Sekretariat DPD bilangan Hati Mulia, Oebobo, Kota Kupang dalam acara launching Bakal Calon Legilatif dan Pilkada Pemilu 2024, Sabtu (30/4).

Dalam penyampaian Bakal Calon Pilkada Gubernur NTT, Nama Viktor Bungtilu Laiskodat, sekarang masih Gubernur NTT kembali menjadi bakal calon tunggal ke posisi Gubernur pada Pilkada 2024.

Bakal calon Wakil Gubernurnya ada 2 nama satu dari kader Partai Hanura sendiri, yaitu Ketua DPD Prov. NTT Refafi Gah dan yang lain Wakil Gubernur sekarang Joseph Adrianus Nae Soi.

Penyampaian bakal calon pilkada 2024 tidak hanya pada level provinsi, Gubernur dan Wakil Gubernur, melainkan juga bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk Kota Kupang dan bakal calon Bupati serta Wakil Bupati dari Kabupaten Flores Timur dan Lembata. Semua bakal calon ini ada yang berasal dari internal Partai Hanura dan ada yang diambil figur-figur eksternal partai tersebut.

Bakal calon Wali Kota Kupang pilkada 2024 ada 6 orang, 3 orang internal partai, 3 orang eksternal. Wakil Wali Kota 7 orang internal kader partai dan 1 ekternal. 

Bupati Flores Timur, bakal calon 7 orang, 2 internal kader partai, 5 orang eksternal. Wakil Bupati Flotim 1 orang saja dari internal partai.

Bakal calon Bupati Lembata 4 orang dari eksternal kader partai. Wakil Bupati Lembata 5 orang, 1 orang internal kader partai dan 4 orang eksternal.

Dengan adanya launching tersebut, menunjukkan partai  Hanura di NTT pada posisi siap mengikuti hajatan Pemilu 2024.

Ketua DPD Hanura Provinsi NTT, Refafi Gah dalam sambutan acara tersebut dan juga di saat jumpa pers mengatakan, Partai Hanura adalah partai besar di NTT yang diperhitungkan dalam eskalasi politik di Provinsi ini. Terlihat di 22 Kabupaten, Kota dan di Provinsi ada kader partai sebagai anggota legislatif.

Hanura juga menurut Refafi Gah, pernah punya 9 calon pada pilkada tahun-tahun sebelumnya. Itu membuktikan hanura partai yang cintai rakyat di provinsi ini. Sekarang menjelang  Pemilu 2024, Hanura akan lolos sebagai kontestan peserta Pemilu, karena Kepengurusan di tingkat DPD, DPC, Ranting telah 100 persen, dan hanya anak ranting tinggal 10 persen, sudah 90   tersedia.

Berangkat dari kesiapan ini Ketua DPD semakin teguh dan yakin akan partai besutannya di NTT. Niatnya untuk menjadi orang nomor 2 mendampingi Viktor B. Laiskodat pun kian menguat. 

Beliau sangat yakin akan nilai jualnya. Dengan argumen pernah ditawarkan pada salah posisi penting di Sekjen DPP Pusat, tapi ia lebih memilih NTT, sebagai ketua sekarang. Keyakinan kuat bila kalkulasi keterwakilan pulau besar di NTT, maka Sumba dialah satu-satunya. 

Dalam hal sosial karitatif atau bantuan kemanusian, karena emergency, Refafi punya catatan kepeduliannya seperti distribusi bantuan badai Seroja Partai Hanura ke Flores Timur, Lembata dan Sumba ia berusaha secara pribadi sewa kapal. Bahkan hingga kini ada giat bantuan sosial kemasyarakatan, beliau menjadi inisiator mengumpulkan sedikit demi sedikit dari sesama kader Hanura untuk membantu kaum papah atau yang berkekurangan. 

Kader Hanura seperti dirinya siap bertarung karena antara struktur partai Hanura dan kader dari pusat hingga daerah sangat solid, bahu membahu bekerja membesarkan Partai Hanura. Terbukti pula saat masalah ketenagakerjaan di Malaysia, Hanura turut terlibat bersama Beny Ramdani berjuang membela dan memulangkan ke NTT.

Dari kegiatan Launching hari ini, bakal calon Pilkada 2024 ini oleh Partai Hanura belum final, masih melakukan survei atau kajian lebih mendalam terhadap semua person bakal calon itu sampai pada penentuan calon untuk maju bertarung pada Pilkada. 

Jadi ini masih membutuhkan waktu sehingga dapat akan diputuskan figur calon yang layak dan memenuhi syarat sesuai mekanisme partai Hanura.

Menurut Refafi, Hanura kali ini baru menetapkan bakal calon pilkada Wali Kota, Kabupaten Flores Timur dan Lembata, karena ketiganya sudah pada Akhir Masa Jabatan, terhitung ada mulai bulan Mei sampai Agustus 2022. Sedangkan Kabupaten lain belum diumumkan karena masa mereka masih panjang dan belum yang diidentifikasi kira-kira siapa yang mau bertarung pada Pilkada 2024.

Hanura tentu akan umumkan bagi kabupaten yang belum jika sudah waktunya menjelang akhir masa jabatan di Kabupaten lain. 

Kegiatan launching tersebut dihadiri oleh seluruh Penggurus DPD Hanura Provinsi NTT, Ketua dan Sekretaris DPC Kota Kupang beserta semua pengurusnya, Ketua dan Sekretaris DPC  Kabupaten Flores Timur dan Ketua dan Sekretaris DPC Lembata,  para bakal calon Eksternal, dr. Herman Man dan Piter Manuk, serta undangan Ketua Komisi Informasi NTT, Agus Baja. *(go)

Iklan

Iklan