Tenggelamnya Puluhan Kapal Motor dan Perahu Dinas DKP NTT, ABK Akui Mereka Diperintah Antar Ke Kabupaten Sikka

   Sumber Foto: google

Mutiaratimur.net, Flotim–// DI tengah situasi iklim Ekstrim, hujan angin dan gelombang lautan,  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi NTT berhadapan dengan kerugian akibat bantuan kapal motor dan perahu ketinting diterjang gelombang besar di perairan Flores Timur sekitar wilayah Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga. 

Ada14 unit Kapal Motor dan 6 unit Perahu bantuan untuk para nelayan di Kabupaten Sikka itu naas  tenggelam pada hari Sabtu, 26 Februari 2022 sekitar pukul 16.30 WITA.

Sembilan ABK selamat dan satu di antaranya dinyatatakan hilang. Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini bahwa satu ABK bernama Jon Menase Leki (36) asal Desa Munasely, Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor, hingga kini belum ditemukan. Sementara satu ABK, Kadir Abdulah yang sebelumnya dikabarkan hilang, sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

“Kadir Abdulah sudah ditemukan di Sikka dalam keadaan selamat. Kapalnya tenggelam. Sedangkan Jon Menase masih dinyatakan hilang,” ujar Kapolres Flotim, AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, melalui Wakapolres, Kompol Jance Seran kepada wartawan, Minggu 27 Februari 2022.

Menurut dia, kapal tersebut merupakan kapal bantuan dari Dinas Perikanan Provinsi NTT untuk Nelayan di Kabupaten Sikka yang dinakodai dari pantai Oesapa Kupang galangan PT Putra Unggul milik Haji Ismail Dean di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Menurut keterangan Edi Fernandez T. Dopong,yang juga salah satu ABK mengatakan ia bersama delapan rekannya diperintahkan Hj. Ismail untuk mengantar kapal bantuan Pemda Provinsi NTT ke Kabupaten Sikka melalui Kabupaten Flores Timur.

“Ada 3 unit kapal 3 GT, 11 unit kapal 1 GT dan 6 unit perahu ketinting atau sampan kecil. Perjalanan dari Kupang ke Larantuka, masing -masing kapal 3 GT menarik atau pandu kapal 1 GT. Selasa 22 Februari 2022, pukul 12.00 Wita, kami tiba di pelabuhan TPI Amagarapati Larantuka,” ungkapnya.

Hingga saat ini masih dilakukan upaya pencarian terhadap kapal yang tenggelam dan satu ABK yang dinyatakan hilang.(*)

Iklan

Iklan