Menghindari Corona, Wagub NTT Mengajak Galakan Salaman Tanpa Sentuhan Fisik



Kupang,mutiaratimur.net

Wagub NTT, Josef A. Nae Soi
hari ini, Selasa (17/03) menghimbau kepada masyarakat NTT dalam mencegah terinfeksinya virus corona agar hindari kontak sosial dengan sentuhan fisik. Himbauan Wagub terutama di tempat pelayanan publik, seperti rumah ibadah.

"Minimal di pintu masuk tempat-tempat ibadah, ditempatkan antiseptik untuk mencuci tangan. Kita juga mengajak pemimpin agama agar menghimbau umatnya jika kondisi kesehatannya tidak fit dapat melakukan ibadah di rumah. Untuk sementara kita juga perlu galakan cara bersalaman tanpa kontak fisik langsung, cukup dengan menunjukan sikap hormat  misalnya dengan cara mengatupkan tangan di dada atau cara-cara simpatik lainnya," jelas Nae Soi.

Wagub Nae Soi menurut siaran pers biro humas dan protokol NTT sebelum memberikan himbauan, beliau diperiksa suhu tubuhnya dengan alat pengukur suhu tubuh di pintu masuk ruangan kerjanya. Wagub mengaku gembira karena hasil pemeriksaan menunjukkan suhu tubuhnya normal.

"Itu salah satu ciri bahwa  tubuh kita masih sehat. Tentu upaya pengukuran suhu ini akan terus diterapkan selama beberapa pekan ke depan di kantor Gubernur sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pendeteksian penyebaran virus corona," jelas Wagub Nae Soi saat ditemui pagi tadi.

Wagub Nae Soi juga  meminta masyarakat untuk tidak cepat percaya terhadap berita-berita yang beredar di sosial media terkait penyebaran virus ini NTT.8

"Jagad maya beberapa hari terakhir ramai dengan berita-berita hoaks terkait adanya penderita virus corona di beberapa Rumah Sakit di NTT. Setelah kita telusuri, ternyata berita itu tidak benar," jelas pria asal Ngada tersebut.

Himbauan lain yang disampaikan  Wagub kepada  masyarakat NTT tak perlu panik berlebihan.

"Tadi malam, kita sama-sama menonton dan menyaksikan di televisi konferensi pers tentang  testimoni dari ketiga orang yang telah sembuh total dari penyakit ini bersama dengan Menteri Kesehatan RI. Salah satu yang menarik dari pengakuan mereka bahwa optimisme dan ketenangan diri ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh,"pungkas Wagub Nae Soi. (Mm)***

Iklan

Iklan