Memperingati HUT Ke-39 Satpam Diharapkan Tampil Humanis dan Siap Siaga Melayani Kantibmas



Kupang,  mutiaratimur.net

Kapolda NTT, Irjen Pol Hamidin memberikan Selamat dan penguatan serta harapan kepada anggota Satpam pada peringatan Hari Ulang Tahun ke -  39 Satpam hari ini (22/1/2020) di Polda NTT.

Mengucapkan selamat karena Satpam  merupakan komponen penting dalam rangka kantibmas. Satpam termasuk unsur pendukung pemerintah soal keamanan.

Karena dilihat dari personil kepolisian Republik Indonesia jumlahnya masih sangat jauh dari kebutuhan kantibmas. Oleh karena itu kekuatan keamanan lain seperti satpam sangat diharapkan.


Satpam bagian dari pelayanan masyarakat, satpam membantu masyarakat di lingkungan kerjanya. Satuan dalam penampilan pelayanannya harus humanis tapi penuh kesiap siagaan.

Satpam harus punya perilaku etik,  sopan santun dan fisik yang prima. Fisik yang prima pada saat melakukan tindakan terbatas dilingkungan kerja.

Ketika satpam mampu mengendalikan ketertiban,  menangkap pelaku kejahatan, POLRI memberi penghargaan kepada satpam. Satpam dituntut fisiknya harus baik,  kuat dan energik untuk menghadapi setiap tindakan kejahatan di lingkup kerjanya.

Pelaku kejahatan terkadang melakukan perlawanan maka Satpam harus mampu menangkap, memborgol dan menyerahkan ke polisi.         

Dalam hal kemampuan yang  mengatasi kejahatan,  seperti mendeteksi kejahatan,  kemampuan itu termasuk kemampuan dasar. Menurut Kapolda NTT,  Irjen Pol Hamidin,  Satpam diberi  pelatihan kemampuan dasar  minimal ada kejadian kejahatan satpam mampu menangkap dan memborgol dengan sempurna pelaku kejahatan sehingga tidak bergerak.


Kemampuaan lain,  kepekaan di lingkungan kerjanya. Seperti satpam bekerja pabrik industri satpam perlu memiliki kemampuan pengamatan,  penggambaran, menguasai teknologi cctv dan menganalisis apa yang terjadi di cctv.

Kepekaan melihat orang,  apakah orang itu baik atau tidak. Itu yang harus dilatih dan membutuhkan waktu tidak hanya sebentar.

Kemampuan seperti ini biasanya sudah dimiliki satpam-satpam senior yang sudah lahir intuisi dan feeling kemampuan-kemampuan tersebut.***

Iklan

Iklan