SUGUHAN SIRIH PINANG KKLU MENGAWALI KUNJUNGAN NY. LIAN DI TIMOR



Kupang, mutiaratimur.net

Sehari setelah Kerukunan Keluarga Lanjut Usia/KKLU Dusun Boneana 2 Desa Oetmanunu, Kabupaten Kupang ber-open house di rumah Jabatan Gubernur NTT, rumah jabatan Bupati Kupang dan rumah mantan Gubernur Hendsrikus Fernadez untuk salam Natal, mereka mendapat kunjungan dari Ny. Lian pada hari kamis, 26 Desember 2019.

Ny. Lian  yang bernama lengkap Kirana Kartika Dewi adalah seorang  pengusaha fashion/garment dari Jakarta. Ia memiliki  rasa berbelas kasih dan solider terhadap pada masalah kemanusiaan, khususnya orangtua di masa lanjut usia. Terhadap situasi dan kondisi  kelompok lanjut usia yang dilihatnya,ketika ditemui awak media mutiaratimur  Ny.Lian mengatakan;

“ Sudah saatnya di Zaman Millenial, generasi muda atau anak yang telah sibuk bekerja dan telah berumahtangga terkadang meninggalkan orangtua. Mereka lebih sibuk dengan pekerjaannya, dirinya sendiri atau keluarganya. Orang tuannya sendirian tinggal di rumah, tak ada anak yang melihat dan menjaga. Namun dalam situasi seperti ini juga ada orangtua yang meninggalkan rumahnya dan pergi tinggal dengan anaknya.  Anak yang terlalu sibuk walaupun orangtuanya ikut tinggal bersamanya, juga membuat orangtua kurang mendapat perhatian. Ini juga menjadi masalah, karena itu seharusnya anak biarpun sebegitu sibuknya dengan pekerjaannya, mengurusi rumah tangganya tidak berarti melupakan orangtuanya. Bahkan untuk orangtua yang tinggal sendirian sebaiknya ada anak yang tinggal untuk menjaga agar rumah tetap terawat dan orangtua juga tetap terjaga dan  diperhatikan.”

Lebih lanjut Ny. Lian mengatakan; “di lanjut usia orangtua  perlu diciptakan suasana yang hidup dan membuat mereka kuat dan sehat. Saya datang ke dusun Boneana 2, bertujuan lebih kepada faktor kemanusiaan. Saya dengar dari Pak Felix Parera yang berbicara tentang kelompok usia lanjut disini. Bagaimana keadaan hidup harian mereka, soal kesehatan di hari tua, bagimana lingkungan mereka, dan apa yang secara kemanusiaan perlu didukung.  Hal-hal ini yang membuat saya merasa terpanggil untuk melihat mereka dari dekat dan ternyata mereka sangat ramah, cepat akrab, sangat bersaudara dan begitu menyenangkan.”




Kunjungan  Ny.Lian pada kaum lanjut usia diawali dengan pengalungan selendang  dan disugguhi sirih pinang dan kapur, mam sirih (red) yang merupakan tradisi masyarakat Timor saat penerimaan tamu. Seusainya penerimaan Ny.Lian,  kelompok Kerukunan Keluarga Lanjut Usia/KKLU Boneana 2 melanjutkan dengan pertemuan singkat di sekretariat KKLU. Pertemuaan untuk saling  memperkenalkan diri dan bersalaman Natal karena masih dalam suasana Natal.

Bapak Sulung, Felixmus Parera, Wakil Sekretaris Kerukunan Keluarga Purna Bakthi PUPR NTT yang mendampingi Ny. Lian, memberi komentarnya;
 “ Kehadiran Nyonya Lian, sebagai sebuah strategi kita dalam upaya bermitra untuk mendapat dukungan terhadap rencana program kerja KKLU Dusun Boneana 2 di waktu yang akan datang. KKLU berencana  memiliki Klinik  untuk Lanjut Usia untuk pendekatan pelayanan kesehatan bagi para lanjut usia dan semua keluarga yang berdiam di Dusun Boneana 2 dan daerah sekitarnya.Mungkin melalui Ny. Lian ada berbagai jaringan pertemanan yang bisa meringankan rencana KKLU. Tanah area dibangunnya Klinik sudah tersedia, bahkan telah diletakan batu pertama pada tanggal 17 Desember 2019 oleh Yusak Ufi, Camat Kupang Barat dan Ignatius Fernandez mewakili  Keluarga mantan Gubernur NTT  Hendrikus Fernandez. Kita optimis tentu ada jalannya.”




Kunjungan Ny. Lian telah memberi kesan yang mengharubirukan rasa optimisme  para lanjut usia akan adanya perubahan hidup mereka terutama pelayanan kesehatan,  Sekretaris KKLU Boneana 2, Ny. Fernanda Martins, mantan anggota DPRD Provinsi Timor Timur tahun 1998, mengungkapkan;

 “ kami patut berterima kasih atas kunjungan ibu Lian ke Boneana. Walaupun jauh dari Jakarta tapi relah datang hanya untuk melihat kami. Seorang ibu yang berhati emas, punya rasa keibuan terhadap kami kaum papah yang dijauhi dan kurang diperhatikan sekarang. Semoga kehadiran ibu Lian mengunjungi kami, dapat menggerakkan pihak lain memberikan dukungan terutama rencana pembangunan Klinik Lanjut Usia di sini. Kalau tempat kesehatan ada dan dekat, semua masyarakat juga senang, karena ini yang menjamin kita pada saat sakit bisa datang dengan cepat dan muda memperoleh pelayanan kesehatan.”

Dusun Boneana 2  Desa Oematnunu Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang dan sekitarnya merupakan daerah potensial perkembangan penduduk ke depan. Sehingga perlu untuk mendapat perhatian dalam aspek sosial kemasyarakatan, infrastruktur, kesehatan keluarga dan sanitasi. ***


Iklan

Iklan