Pertama Kali Pemandu Tuna Rungu Dalam SosiaIisasi dan Ucapan Terimakasih KPU NTT



Kupang, mutiaratimur.net
Ada satu hal yang baru di KPU NTT pada kegiatan sosialisasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya  pada Pemilu 2019.  Kegiatan sosialisasi dan ucapan terimakasaih dihadiri oleh perserta dari kelompok warga pemilih.  

Dalam kegiatan sosialisasi dan ucapan terimakasih, kelima komisioner KPU NTT Thomas Dohu (ketua), Yosafat Koli, Jefri Galla, Lodwyik Fredrik dan Edi Diaz (anggota) tampil dengan penuh semangat menyoroti semua peristiwa proses Pemilu 2019 dari tahapan ke tahapan, dari divisi ke divisi.

Sorotan sebagai kilas baik agar peserta yang hadir dapat terbuka kembali ingatannya akan pelaksanaan Pemilu yang telah berlalu. Sekaligus kelima komisioner sebagai nara sumber acara tersebut mengajak peserta untuk bisa dapat mengkritisi semua proses tahapan pemilu dan memberi masukan guna menghadapi Pilkada 2020 dan persiapan Pemilu 2024.

Dari situasi kegiatan terlihat nampaknya para peserta memberi respon yang sangat baik dengan mengungkapkan berbagai catatan buat penyelenggara atau KPU NTT dalam menghadapi hajatan demokrasi Pilkada atau Pemilu di waktu yang akan datang.



Situasai kegiatan yang digelar KPU NTT boleh dikatakan agak unik dan menarik untuk diperhatikan, karena ada pemandu khusus bagi tuna rungu yang ditampilkan.  Ada beberapa peserta yang hadir mengakui sebagai sesuatu yang baru pertama kali dilakukan KPU NTT. Sebab memang pada kesempatan ini KPU juga mengundang kelompok pemilih berkebutuhan khusus.

Kelompok warga pemilih yang hadir pada acara KPU NTT itu antara lain, Komunitas Peduli Pemilu,  LSM, Komunitas Tuli Kupang, PERSANI, PERTUNI, Himpunan Mahasiswa Islam/HMI, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia/GMNI,  Perhimpunana Mahasiswa Katolik Republik Indonesia/PMKRI,  Komite Nasional Pemuda Indonesia/KNPI NTT, KPU Kabupaten/Kota mantan Panitia  Pemilihan Kecamatan/PKK  Kota Kupang, Wartawan Media Cetak, Elektronik dan On line, Orang Muda Katolik dan Persatuan Mahasiswa Lembata/PERMATA. Acara kegiatan KPU NTT dilaksanakan pada hari Senin (2/12) bertempat di Neo Aston Kotel, Kota Kupang.



Semoga saja dalam kegiatan menyangkut hak akses   informasi dan eduksi setiap warga negara termasuk kaum disabilitas  seperti tersebut, yang telah dilakukan KPU NTT  dapat menjadi contoh bagi pihak pemerintah maupun swasta dalam melindungi hak seluruh warganya tanpa diskriminasi.***

Iklan

Iklan