UNISAP Kupang Tanamkan Semangat Entrepreneur Modal Masa Depan Mahasiswa

Kupang, Mutiara-timur.com // Universitas San Pedro (UNISAP) Kupang gelar seminar dengan tema, Motivasi Kewirausahaan Dan Peluang Industri Bagi Generasi Milenial. Sebuah even  yang sangat berarti menanamkan nilai dan semangat entrepreneur sebagai modal masa depan bagi mahasiswa. Sebuah upaya merubah mindset, pola pikir generasi muda tentang situasi terkini dan yang akan datang. Demikian para narasumber dalam seminar pada Selasa, (12/12/23) di Kampus universitas tersebut.

Rektor UNISAP Kupang, Pater, Dr. Bertolomeus Bolong OCD, M,Si. dalam pidato singkatnya menekankan bahwa mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur cenderung memiliki keunggulan kompetitif di pasar kerja yang semakin ketat.

Menurutnya, kegiatan yang diselenggarakan ini untuk merubah mindset agar para mahasiswa mempunyai cara berpikir inovatif memiliki jiwa kewirausahaan. Hal ini yang menjadi sorotan utama.

"Mahasiswa harus dilengkapi dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi inovator, penggerak perubahan, dan pencipta solusi", ungkap orang nomor 1 UNISAP, Dr. Berto Bolong.

Sementara itu Leonardus Lewa Leko S.Pd., M.Si, Wakil Rektor III yang membidangi  pelaksanaan kegiatan  kemahasiswaan, perencanaan dan sistem informasi, pembinaan serta pelayanan mahasiswa dan alumni. berharap bahwa melalui seminar ini, semakin banyak mahasiswa terinspirasi dan termotivasi mengasah jiwa entrepreneur mereka.

"Kami berharap bahwa melalui seminar ini para mahasiswa wajib menanamkan jiwa entrepreneur dari sekarang, bukan hanya soal menciptakan peluang bisnis, namun juga tentang mengembangkan kreativitas, kemandirian, dan kemampuan beradaptasi di era yang terus berubah. Mahasiswa harus menjadi agen perubahan yang berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa", tutur Leonardus.

Wakil Rektor ini juga mengatakan UNISAP Kupang telah bekerja sama dengan sebuah lembaga Pelatihan yang bernama Reformasi Hospitality Education Center Academy (RHECA)
yang bisa memberikan training bagi Mahasiswa tentang bagaimana cara berwirausaha dengan benar.

"UNISAP Kupang saat ini bekerjasama dengan salah satu lembaga Pelatihan yaitu RHECA yang kedepanya dapat memberikan pelatihan tentang bagaimana cara berwirausaha. Saat ini kami sedang mempersiapkan 8 Mahasiswa yang akan training ke luar negeri, kami pastikan bahwa ini merupakan suatu langkah positif yang harus dimanfaatkan Mahasiswa untuk menanamkan jiwa entrepreneur dari sekarang", jelas Leo.

Pdt. Jhonson Dethan, S,Th, M.Div
Ketua Yayasan Servas Mario melaui zoom dalam pesan singkatnya menyampaikan, tujuan studi harus jelas bahwa ilmu yang diperoleh  Mahasiswa harus bermanfaat bagi kehidupannya dan masyarakat.

Kegiatan seminar Nasional sehari ini dihadiri para mahasiswa kampus UNISAP sekitar dua ratus mahasiwa dan juga alumni  UNISAP yang telah melalangbuana dan sukses dalam berwirausaha setelah tamat dari UNISAP sebelumnya. Kehadiran alumni ini memberikan wawasan empirisnya yang sangat berharga bagaimana memulai dan mengembangkan bisnis mereka sendiri.*(go/tim)

Iklan

Iklan