SMKN 6 Satu-Satunya Sekolah Kejuruan di NTT Terima Indonesia Top Education Excellent Award 2023

Kota Kupang, Mutiara-Timur.com// SMKN 6 Kota Kupang terus mendapat perhatian dari berbagai pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan bersifat vokasi dengan berbagai inovasi. Kali ini ditanggal 28 Juli 2023 lembaga  independen Lima Pilar Media Comunication menggelar Indonesia Top Performance Excellent Award 2023 di  Crystal Hotel Yogyakarta dan SMKN 6 Kota Kupang salah satunya sebagai peserta.

Demikian Kepala Sekolah SMKN 6 Kota Kupang, Asa Manason Lathang, S.Pd., M.Pd., kepada media memberikan keterangan di ruang kerjanya, Senin,(31/7/2023).

"SMKN 6 tiba-tiba saja dapat undangan untuk mendapat award Indonesia top education performance tahun 2023. Pertama kali saya dapat saya tidak percaya saya melihat ini sebagai sebuah undangan abal-abal, karena itu saya mengecek kebetulan salah satu guru SMKN 6 ini ada magang di Yogyakarta, saya suruh cek dan menurut guru tersebut bahwa betul hotelnya sudah di booking. Tanggal 27 Juli saya berusaha untuk mengecek kembali karena belum ada tanda-tanda ternyata mereka ini timnya dari Jakarta dan di Jogjakarta hanya acara cerimoninya saja," ungkap Kepsek SMKN 6 Kota Kupang.

Penetapan menjadi sekolah Indonesia Top Education Performance oleh kepala dikatakannya, dilakukan oleh beberapa lembaga independen melalui survei langsung di semua sekolah dan juga mengumpulkan informasi lainnya dari berbagai media, dipresentasikan  di Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi serta juga  kementerian lain. Karena  pemberian penghargaan ini tidak hanya sekolah atau dunia pendidikan, tetapi termasuk beberapa bidang kegiatan lain  sehingga  ada keterkaitan dengan beberapa kementerian.

"Award ini selain dunia pendidikan juga diberikan kepada beberapa pengusaha dan perusahaan-perusahaan yang melakukan kegiatan yang sifatnya inovasi untuk masyarakat. Bahkan person pun dikasih yang pada prinsipnya kalau terobosan inovatif yang dilakukan untuk kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Diteruskannya, " SMKN 6 oleh tim independen menjadi pilihan terbaik karena dilihat sekolah ini terus berinovasi serta telah menjadi terpercaya dan berkualitas.  Karena itu Indonesia Top Education Performance Excellence Award 2023, menurut penilaian layak diberikan kepada SMK NEGERI 6 Kota Kupang  sebagai kategori The Most Reputable Vocational School in Creating Quality Graduates Skills of The Year 2023."

Di SMKN 6 Kota Kupang mendapat penghargaan ini karena mereka melihat dari aspek-aspek yang menjadi bahan penilaian, seperti  kinerja, prestasi, dedikasi, kredibilitas dan inovasi serta integritas yang berdampak positif bagi masyarakat dalam pembangunan. Hal yang konkrit dinilai seperti tamatan belajar di SMKN 6 Kota Kupang.Tamatan yang sebelumnya melakukan PKL di perusahaan-perusahaan dan dinilai memiliki kompetensi terukur, sehingga mereka langsung setelah tamat, diterima bekerja di perusahaan-perusahaan. 

"Di tahun ini anak yang tamat kami buat acara di sekolah sebagai bentuk pelepasan mereka dari sekolah dan  kami juga mengundang beberapa perusahaan,  saat itu juga ada 73 siswa langsung ditawari untuk  bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut. Perusahaan yang hadir itu sekitar belasan, termasuk perbankan, salah satunya Bank Artha Graha yang menerima dua orang yang kini berkerja di bank tersebut," tutur Kepsek.

Award yang diberikan sebagai bentuk motivasi kepada para penerima dan juga memberikan jaminan kepercayaan masyarakat, pemerintah dan pihak swasta terhadap profesi yang dikembangkan sekolah ini.

"Kita mendapatkan Award ini sebagai sebuah bentuk motivasi dan juga menimbulkan kepercayaan masyarakat, orang tua terhadap sekolah yang kita kelola ini untuk mendaftarkan anak-anak sekolah di sini. Pemerintah bisa melihat dan memberikan dukungan terhadap sekolah. Kepercayaan dunia kerja industri bisa menerima anak-anak bekerja setelah tamat dari sini," kata Kepsek Asa Lathang.

Penghargaan yang diterima Kepsek SMKN 6 Kota Kupang  itu dalam bentuk trofi dan sertifikat. Itu diberikan ke semua peserta yang hadir pada waktu itu dengan berbagai profesi, pemerintah, swasta baik individu maupun kelompok.

"Penghargaan berupa Award yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2023 di Yogyakarta itu dihadiri oleh penerima penghargaan dari berbagai profesi selain, dunia pendidikan ada juga Walikota bahkan juga dari salah satu kantor PDAM yang mampu menjawabi kebutuhan warga karena masalah kesulitan air," ujar Kepsek SMKN 6 Kota Kupang. *(go)


Iklan

Iklan