Cagub Melky Laka Lena Menguat di Sikka

Melky Laka Lena (foto google)

Sikka, mutiara-timur.com // JELANG Pilgub NTT 2024, nama bakal calon Gubernur Partai Golkar Melkiades Laka Lena makin melejit di seantero  Bumi Flobamora.  Sejak nama Melky diendus Partai Golkar 2 tahun lalu, nama Melky terus mendapat reaksi  positif  dipasaran politik. Tokoh mudah yang gesit santun dan terkenal dermawan ini menjadi magnet politik baru yang diidolakan rakyat NTT terutama kaum muda. 

Dalam penelusuran Suara Flores di kampung- kampung di Kabupaten Sikka, nama Melky Laka Lena ternyata mendapat tempat di hati warga. Mereka menilai Melky Laka Lena adalah figur muda berpengalaman yang paling pas untuk menjadi Cagub NTT 2024 yang layak dipilih warga NTT untuk menjadi Gubernur NTT pasca Viktor Laiskodat- Josef Nae Soi.

"Saya sudah bekerja untuk memenangkan Pak Melky Laka Lena untuk jadi Gubernur. Saya sebagai orang muda sangat mengidolakan dia karena dia adalah sosok muda yang punya jam terbang yang tinggi. Saya yakin dia akan mampu memimpin dan membawa perubahan baru di NTT. Saya ajak seluruh kaum muda di NTT bangkit bergerak untuk memenangkan Pak Melky. Dia layak menjadi pemimpin kita akan datang," kata Heri Son seorang pengemudi angkutan kota dan pedesaan  kepada Suara Flores di Kota Maumere, pekan lalu.

Selain  Heri Son, Bertoloneus  salah satu tukang ojek di kawasan Waidoko, Wailiti dan Wolomarang juga menariuh simpati yang tinggi terhadap Melky Laka Lena. Dia mengatakan, Melky adalah tokoh muda yang dekat dengan rakyat terutama kaum muda. Sosok Melky yang terkenal rendah hati dan murah senyum bertangan dingin telah banyak  berbuat untuk NTT  melalui karya nyata di bidang kesehatan untuk menyelamatkan rakyat NTT. 

"Saya merasa gembira dan bangga dengan Bapak Melky karena dia berani maju di Pilgub NTT. Saya bersama keluarga dan teman- teman sedang mensosialisasikan nama Bapak Melky ke tengah masyarakat. Dulu di rumah kami pasang bendera merah karena kami dukung Pak Frans Lebu Raya, tapi sekarang kami pasang bendera kuning karena kami mau Bapak Melky jadi Gubernur NTT akan datang," aku Berto dengan senyum gembira saat ditemui media di kawasan Wolomarang pekan lalu.

Selain para pemuda, kaum perempuan di desa juga menaruh harapan besar agar Melky Lakalena bisa memenangkan Pilgub NTT akan datang. Perempuan desa merasa senang karena Melky melalui Partai Golkar telah memberikan sentuhan berbagai jenis bantuan, salah satunya bantuan sembako dan benang untuk meningkatkan usaha tenun ikat warga desa. Jadi dia berharap Melky harus menjadi cagub dan Gubernur NTT akan datang sehingga perhatian besar terus diberikannya untuk seluruh ibu di desa- desa.

" Saya ajak kaum ibu perempuan desa mari kita dukung Pak Melky jadi Gubernur NTT akan datang. Sebagai ibu rumah tangga, saya pasti bekerja keras di wilayah saya agar Pak Melky bisa menang karena dia sudah kerja keras dan berjuang dengan karya nyata mensejahterakan rakyat," ungkap Maryati, ibu rumah tangga yang juga penjual sayur keliling di kota Maumere ini 

Dalam obrolon media dengan berbagai lapisan warga Sikka, warga lebih cenderung menyebut nama Melky Laka Lena di banding nama- nama Cagub lainnya yang sudah mengemuka. Nama Melky dinilai sebagai sosok baru yang ideal dan dipercaya. Ia adalah figur politisi yang bersih dari berbagai kasus korupsi, sehingga ia dapat membawa perubahan baru di birokrat NTT..


Untuk diketahui, rakyat Kabupaten Sikka menjadi basis strategis bagi Melky Laka Lena,   pasalnya Sikka adalah basis kedua pemilih terbesar di NTT setelah Kabupaten Timor Tengah Selatan ( TTS). Sejarah politik NTT mencatat Sikka menjadi dapur besar kemenangan Frans Lebu Raya dua periode yaitu pada pemilu 2018- 2013 dan 2013-2018 dan juga menjadi satu satunya kabupaten di Flores yang menentukan kemenangan bagi Gubernur Viktor menduduki kursi gubernur pada oemilu 2018 -2024 lalu. 

Menurut Ketua Bappilu DPD Golkar NTT,  Melky telah didorong sebagai Calon Gubermur NTT oleh  DPP Partai Golkar. Oleh karena itu, meski belum ada penetapan partai, nama Melky menjadi figur utama yang dijagokan Partai Golkar. Mengenai siapa pendamping Melky, Sarong mengatakan saat ini Golkar sedang menjajaki tokoh yang tepat untuk menjadi calon pendamping Melky. Dari penjaringan Cagub dan Cawagub Partai Golkar, memang ada banyak nama yang muncul. Dari nama- nama itu, Andreas  W. Koreh menjadi salah satu nama yang dibidik Golkar. 

Mengapa nama Andre Koreh yang menjadi salah satu target bidik? Lantaran Andre Koreh adalah tokoh senior birokrat NTT yang berpengalaman di birokrasi selama puluhan tahun di jajaran Dinas PU NTT.  Selain menahkodai  KONI NTT , Andre juga mempunyai modal atau kapital politik mumpuni dan jaringan luas di bidang infrastruktur dan dunia olah raga dan bisnis digital internasional. Paduan antara Melky- Andre menjadi duet ideal dan sinergis dengan bobot pengalaman politik Laka Lena selama menjadi anggota DPR RI. 

Menjawab isu keraguan masyarakat bahwa Melky hanya melakukan manuver politik yang berujung mendukung figur lain seperti pada Pilkada 2018 silam, Sarong mengatakan isu itu tidak benar. ia memastikan Melky akan tetap dan terus maju bersaing dengan calon gubermur dari partai lainnya. " Saya didorong partai untuk maju dan saya akan tetap maju. Saya sudah siap maju karena mendapat dukungan besar dari partai. Jadi tidak perlu ragu. Saya sudah siap maju," tegas Melky beberapa waktu lalu saat ditemui media ini di Kota Kupang. 

Mengenai tawaran wakil, Andre Koreh tampak masih malu- malu. Tokoh hebat di balik kejayaan Gubermur Frans Lebu Raya ini masih belum mau buka suara dengan fulgar ke publik NTT.  Dengan nada diplomatis, pemain senior di jajaran birokrat NTT yang acapkali mengeritik Gubermur Viktor ini membiarkan bola politik terus menggelinding sembari menunggu momen yang tepat untuk memukul lonceng politik. " Biar mengalir saja seperti air. " Demikian ujar Andre kala disentil media.*(tim)

Iklan

Iklan