FPK NTT Peringati HUT RI Ke-78 Kembali Menoreh Momentum Terindah dan Berkesan

KUPANG // HUT RI ke-78 akan menjadi sebuah momentum terindah dan berkesan tersendiri buat Forum Pembauran Kebangsaan  Provinsi Nusa Tenggara Timur (FPK NTT).  

Momentum terindah dan berkesan karena pada tahun 2023 ini merupakan kesempatan bagi FPK NTT  untuk ke-2 kalinya memperingati HUT RI dengan melibatkan warga masyarakat di Kota Kupang sekitar 700 peserta dari 28 Kerukunan.

Demikian Theo da Cunha Sekretaris FPK NTT dalam rilis yang diterima media ini Selasa, (11/7/2023) dengan topik Forum Pembauran Kebangsaan NTT akan melaksanakan kegiatan peringatan HUT RI ke - 78.

"Persiapan menyongsong pelaksanaan peringatan HUT RI ke- 78 sudah beberapa kali  pertemuannya. Tadi malam (Senin, 10/7/2023-red) pertemua kali ketiga di Resto Celebes Kayu Putih," ungkap Theo da Cunha yang juga selaku Ketua Panitia Penyelenggara HUT RI ke - 78, FPK NTT dari rilisnya.

Acara ini  oleh Ketua Panitia, Theo da Cunha dikemas dalam dua desain kegiatan yang pada prinsipnya untuk membangun rasa persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa dari kebhinekaan.

"Acara yang akan kita laksanakan itu terdiri atas dua iven. Pertama, Upacarav Bendera Peringatan HUT RI ke - 78,  dan Kedua acara hiburan berupa perlombaan dan pertandingan berhadiah serta tarian gembira ria bersama antara 28 kerukunan," ujar Theo.

Peringatan HUT RI ke - 78 digelar FPK NTT road map tidak jauh berbeda seperti tahun lalu 2022, kecuali tempat pelaksanaannya.

"FPK NTT memperingati HUT RI tahun ini sama seperti tahun lalu, upacara bendera mengikuti SOP Nasional, dengan mentor BAIS NTT dan Inspektur Upacara Ketua FPK NTT, kecuali tempatnya, yaitu di Taman Kota Kupang," urainya.

Ketua FPK NTT, Theo Widodo saat dikonfirmasi media akan rencana peringatan HUT RI ke-78 membenarkan bahwa FPK NTT telah melakukan konsolidasi internal dan sudah sekian kali pertemuan sebagaimana disampaikan Sekretaris FPK NTT.

"HUT ke-78 tahun ini  , Forum Pembauran Kebangsaan NTT akan melaksanakan peringatanya melalui beberapa jenis kegiatan. Seperti yang disampaikan Sekretaris merupakan kegiatan pada acara puncak di tanggal 17 Agustus, sedangkan sebelumnya akan ada kegiatan seminar Kebangsaan bagi Kaun Mileneal. Ini satu minggu sebelum tanggal 17 Agustus tepatnya di tanggal 8 Agustus 2023," ungkap Theo Widodo.

"Kegiatan lain lagi yang dilaksanakan,yakni FPK NTT akan membagikan bendera merah putih kepada masyarakat NTT. Tujuan pembagian ini paling tidak membangkitkan kesadaran bagaimana mencintai bendera merah putih lambang perjuang para pahlawan kita. Jadi di FPK NTT kami sudah lakukan pertemuan internal untuk persiapan HUT RI ke-78,"  lanjut Ketua FPK NTT saat dikonfirmasi.

Theo Widodo juga mengatakan, "FKP NTT ini merupakan satu-satunya FKP di Indonesia yang punya rencana menyelenggarakan acara HUT RI Ke-78 dengan melibatkan kelompok paguyuban atau kerukunan sebagai bentuk menciptakan  ruang pembauran dalam satu kesatuan dari NKRI."

"Inilah kita di FPK NTT harus memulai, kapan lagi kalau bukan sekarang, siapa lagi kalau bukan FPK NTT," tutupnya dengan penuh spirit. *(go)

Iklan

Iklan