Bobby Liyanto, Ketum KADIN NTT Peserta Forum Dialog Para Bisnis Global di USA dan Kanada

Mutiaratimur.net //BOBBY Liyanto, Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri Provinsi Nusa Tenggara Timur telah memastikan diri sebagai peserta Forum Dialog Para Bisnis Global atau B20 di USA dan Kanada dalam bentuk roadshow selama seminggu di bulan April 2022.

Demikian Bobby Liyanto dalam memberikan informasi yang diterima media ini pada, Kamis (14/4) via audio.

 " Saya ingin memberikan keterangan tentang roadshow B20 Kamar Dagang Industri ke USA dan Kanada. Jadi pada tanggal 18 April rombongan kamar Dagang dan Industri Indonesia akan roadshow  bilarteral dalam kegiatan B20," suara Bobby di audio tersebut.

B20 adalah  engagement group G20. G20 atau Goverment Twenty itu adalah payung, semacam  forum induk yang di bawahnya  terdiri dari forum B20, T20, W20, Y20, L20, U20  dan S20.

B20 dijelaskan Ketum KADIN NTT, merupakan forum dialog para bisnis global yang juga akan hadir pada rangkaian momen kegiatan G20 di Indonesia. Maka dari itu   B20 berkaitan  dengan bisnis dan merupakan bagian G20, pemerintah melihat Kamar Dagang dan Industri  sebagi organisasi yang tepat untuk direkomendasikan untuk mengikuti roadshow B20.

"Pemerintah memberi tanggung jawab kepada KADIN sebagai Presidency B20 dalam acara Forum Dialog para bisnis global di dalam negara G20," katanya.

Rencana  rombongan yang akan berangkat roadshow ada 38 orang mulai dari ketua umum Kadin Arsjad Rasjid Muhammad  Mangku Ningrat,   Anindya Bakrie yang adalah ketua dewan pembina,  Ibu Shinta Widjaja yang adalah Chairman Women dari B20 Indonesia dan beberapa CEO lainnya,  President Director dari Freeport Indonesia Ibu Carmelita Hartoto, CEO handycam lines, Ani Patricia, dan juga beberapa KADIN daerah, Ketum Kadin Kalimantan Timur Ibu Tona Faruk, Ketum Kadin Papua Ronal Antonio, Ketum Kadin Banten dan Ketum Kadin Maluku, dan Bobby Liyanto, Ketum Kadin NTT.

Rangkaian  perjalanan atau roadshow akan dilakukan ke  tiga (3) kota, yaitu:  Pertama di New York pada tanggal 18 April akan tiba dan beberapa hari di New York bertemu dengan duta besar Indonesia di kantor PBB.

 "Kami akan melakukan pertemuan dengan AICC dan KJRI bisnis forum, pertemuan dengan konggres di Amerika; dan pertemuan para bisnis dengan chambers of commerce di Amerika. Kami bersama para bisnis di sana melakukan dialog, termasuk pada kesempatan oni kami  mengundang mereka untuk bisa datang ke Indonesia," ulas Bobby.

Kedua,  tanggal 21 April 2022  Ketum KADIN NTT itu mengatakan,"kita akan pergi ke Washington DC bertemu dengan duta besar Indonesia untuk Amerika yang berada di Washington Bapak Roeslani Perkasa dalam beberapa hari disana.  Kita akan melakukan beberapa pertemuan  dengan KBRI dan  para bisnis forum dengan US, bisnis Chambers atau Kadin di Amerika," ujarnya.

Ketiga, 26 April 2022 rombongan ke Ottawa, Kanada dan di sana juga akan bertemu dengan duta besar Indonesia untuk Kanada.  "Lalu kami melakukan roundtable meeting dengan para investor dari Kanada atau  disebut Canadian Chamber of Commerce atau CCC atau sama dengan Kadin di Indonesia. Setelah itu rombangan Indonedia kemudian kembali," jelas Pemilik PT.SejahteraGroup Kota Kupang itu.

Bobby Liyanto menyampaikan, bahwa di dalam perjalanan ini misi utama dari Kamar Dagang dan Industry Indonesia adalah melakukan hubungan bilateral, hubungan bisnis yang tentunya  mengundang para investor global untuk bisa hadir dalam acara B20 yang menjadi satu rangkaian dari presidency G20.

"Supaya kita ketahui kenapa saya selaku ketua umum KADIN NTT  menghadiri karena saya akan mengundang para investor Forum Dialog Bisnis B20  untuk hadir di Labuan Bajo. 

Perlu diketahui beberapa meeting khususnya di dalam B20 itu  dilaksanakan di Labuan Bajo, maka  saya menganggap ini  satu hal yang sangat penting untuk kami mempromosikan NTT," urai ketum KADIN NTT itu.

Menurut Bobby, Ini adalah kesempatan baik bagi Nusa Tenggara Timur, karena para pengusaha, para forum dialog bisnis di dunia internasional dari negara-negara G20  akan datang ke Indonesia  di Labuan Bajo.

"Pada saat mereka datang ke Indonesia di Labuan Bajo kita akan melakukan presentasi promosi pengenalan tentang Nusa Tenggara Timur dengan setiap potensi-potensi yang ada pada setiap daerah, seperti Sumba, Timor dan Flores," ulasnya.

Ketum KADIN NTT berencana jika para bisnis global atau investor mancanegara datang di Manggarau Barat, maka akan ada agenda kunjungan ke lokasi daerah untuk investasi.

 "Kita berencana melakukan   visit ke lokasi investasi.  Kita mengundang para investor di bidang Tourism atau Pariwisata, Perikanan dan Kelautan, dan  industri di bidang pakan ternak, di  dan bidang energi juga terbarukan," ucap Bobby mengakhiri informasinya sembari berjanji akan  memberikan laporan update perkembangan langsung dari Amerika selama perjalanan mereka. (go)

Iklan

Iklan