KPU Kota Kupang Gelar Nonton Bareng, KPU RI Launching Hari dan Tanggal Pemilu Serentak 2024

Mutiara Timur.net- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia ( KPU RI), melaunching hari pemungutan dan penghitungan Suara Pemilu Serentak 2024. 

Kegiatan Lauching  Pemilu Serentak 2024 itu dilakukan  berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 310/PP 07-SD/09/2022 tanggal 11 Februari 2022 perihal Launching Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024.

Kegiatan launching Hari dan Tanggal Pemungutan dan Perhitungan Pemilu Serentak 2024 dilaksanakan di halaman Kantor KPU RI Jl. Imam Bonjol Jakarta Pusat untuk tingkat KPU RI. Sedangkan KPU Provinsi, Kabupaten/Kota mengikuti secara luring.

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk mempublikasi, sosialisadikan atau menyebarluaskan informasi, KPU sekarang sudah memasuki masa Pemilu serentak 2024. Karena itu, Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya mengharapkan keterlibatan atau pertisipasi para pihak terkait.

"Kami KPU tidak mungkin berjalan sendiri untuk suksesnya tahapan pemilu serentak 4024. Kami tentu berharap Pemerintah, Bawaslu, DKPP dan stakeholders mengambil bagian, berpartisipasi, mensukseskan pelaksanaan Pemilu yang hari Pemungutan dan Perhitungannya jatuh pada hari Rabu, 14 Februari 2024"ungkap ketua KPU RI, Ilham Saputera.

Di Provinsi NTT kegiatan Launching Pemilu 2024 digelar dengan nonton bareng, baik di tingkat KPU Provinsi NTT maupun KPU Kabupaten, Kota.

Tomas Dohu, Ketua KPU Provinsi NTT mendahului acara Launching, seperti disaksi media ini pada layar in focus KPU Kota Kupang, sambutan mengatakan, "Launching Hari dan Tanggal Pemungutan dan Perhitungan Pemilu 2024, hari ini bertepatan dengan hari Kasih Sayang, Valentin day, 14 Pebruari. Sebab itu patut kita catat dan memaknainya. Kemudian dua tahun lagi di hari Rabu, 14 Februari 2024 adalah tanggal puncak Pemilu. Tanggal dan bulan yang sama sebagai hari kasih sayang dan berbarengan pungut hitung. Karena itu dengan hari pemilu jatuh di hari tersebut nilai kasih sayang dapat menjiwai semua kita baik penyelenggara (KPU dan Bawaslu), pemerintah, TNI, Polri, Kejaksaan dan Pengadilan, partai politik, masyarakat  dan maupun stakeholders terkait. Makna kasih sayang itu semoga dapat mendorong kita  saling mendukung, supaya tahapan pemilu itu terlaksana dengan aman, demokratis, adil dan berintegritas."


Di Kota Kupang Ketua KPU, Deky Ballo, seusainya nonton bareng,  menyampaikan kepada forum yang ada akan maksud dan tujuan kegiatan ini.

"Maksud dan tujuan, launching hari ini jelas seperti yang disampaikan Ketua KPU RI tadi, agar kita mempublikasikan hari dan tanggal Pemilu 2024, Rabu, 14 Februarai 2024. Sehingga kita mulai mempersiapkan diri karena bulan Juni 2022 kita sudah memasuki tahapan. Kepada partai politik pada bulan Juli dan Agustus tahun 2022 kita mulai dengan verifikasi Peserta Pemilu 2924," ungkap Deky Ballo.

"Kami sangat mengharapkan khususnya Partai Politik perlu menyiapkan diri secara baik, setiap tuntutan persyaratan sehingga tidak menjadi kendala dalam proses nanti. Semuanya bisa berjalan dengan aman, lancar dan tidak ada yang bermasalah. Itu saja harapan kami dan kita ke depan akan berjalan mengkuti tahapan dengan baik," lanjut Ketua KPU Kota Kupang itu.

Peserta nonton bareng di KPU Kota Kupang pada peluncura pemilu serentak tersebut selain ketua dan anggota Komisioner, dan Sekretaris serta staf KPU Kota Kupang, hadir juga sesuai undangan  Ketua Bawaslu Kota Kupang, Partai Politik, Forkopimda Kota Kupang dan kader Desa Pemilih Peduli Pemilu (DP3) atau (Kelurahan Pemilih Peduli Pemilu/KP3- red) serta media massa.*(go)




Iklan

Iklan