Berdayakan Potensi Desa, Senat FMIPA UNWIRA Gelar KKBM


Malaka,mutiaratimur.net

Dalam rangka mengamalkan Tri Dharma  Perguruan Tinggi, Senat Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira – Kupang menggelar Kemah Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM).

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, 20-30 Januari 2020. Sebanyak 165 mahasiswa bersama 7 orang dosen pendamping terlibat langsung dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.

“kegiatan KKBM ini diharapkan mampu membangkitakan kesadaran para mahasiswa untuk meneropong kehidupan dan persoalan yang dihadapi masyarakat sembari mengusahakan solusi nyata bagi masyarakat” tandas Emiliana Eka Bano, ketua panitia KKBM.


Lebih lanjut dijelaskannya bahwa pemilihan lokasi desa Motaulun sebagai sentra kegiatan KKBM, dikarenakan masih minimnya  SDM masyarakat setempat dalam mengoptimalkan potensi desa yang ada.

Adapun beberapa program yang dijalankan selama KKBM ini adalah pelatihan pembuatan VCO, pakan ternak, pupuk bokasi, pestisida cair, pembuatan tempe jagung, kerupuk kelor dan bayam. Ada juga kegiatan edukatif lainnya yakni kunjungan ke sekolah-sekolah.

Umbu Padji, salah seorang peserta KKBM ketika diwawancarai mengaku senang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Banyak hal yang kami dapatkan. Di sini kami bisa belajar banyak hal dari masyarakat setempat”.  Beliau berharap agar dengan adanya kegiatan KKBM ini masyarakat di desa Motaulun dapat terbantu dalam meberdayakan potensi yang ada.*** (sae)



Iklan

Iklan