Segarnya Menikmati Kelapa Muda di Kota Kupang.






Kupang, mutiaratimur.net

Di Kota Kupang kelapa muda pada musim panas seperti ini tidak kalah laris manis orang membelinya. Ada beberapa tempat sebagai titik penjualan kelapa muda ini,  seperti sekitar Kantor  Pemerintahan Provinsi NTT,  Jalan Palapa, Kelapa Lima, Pantai Lasiana, dan beberapa titik lainnya.
Kelapa muda yang di jual kebanyakan  berasal dari wilayah  Baun Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang.  

Menurut seorang penjual ibu Agneta Tamonob, kelapa yang ia jual diambil dari Baun oleh saudaranya. Pengakuan penjual lain pun demikian.  Diambil dari Baun ada yang orang  yang diantar, ada pula yang punya kendaraan mobil sendiri langsung beli di lokasi kebun.

Kelapa muda  yang dijual ini ada dua jenis harga, kelapa muda biasa harganya Rp.5.000 dan kelapa muda kulit dalamnya terdapat warna merah dijual Rp. 15.000 atau  Rp.20.000.  Kelapa jenis ini dilihat sebagai kelapa yang mempunyai khasiat obat yang mujarab.  Kelapa ini juga jumlahnya yang tersedia sangat terbatas dibandingkan dengan kelapa yang kulit dalamnya putih biasa. Walupun harganya dua kali lipat dari kelapa muda biasa, tingkat keccendrungan pembeli sangat baik, ada warga  yang membeli lebih dari dua bahkan sehari kelapa kulit dalam merah ini ketersediannya kurang. Sedangkan kelapa biasa habis terlaku tiga atau empat hari.

Secara ekonomis bagi warga penjual ini bisnis kelapa muda menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagi pembeli kelapa muda  untuk menghilangkan dahaga, kebugaran dan lain sebagainya.
Tetapi bagi kita semua tahukah kita manfaat kelapa bagi kesehatan. 

Kelapa muda terutama air kelapa memiiki manfaat besar bagi kesehatan, antara lain: menghilangkan dehidrasi, menjaga kesehatan ginjal, meningkatkan vitalitas pada pria dewasa, sebagai obat penyakit demam,membuat kulit menjadi mulus, sebagai Anti penyakit untuk ibu hamil dan janin, menjaga kesehatan jantung,menetralisir racun di tubuh,menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, mencegah penyakit usus, mnghilangkan Jerawat, mengobati campak, mengobati penyakit kolera, dehidrasi, kandungan elektrolit alami. 



Air Kelapa muda juga bermanfaat, meningkatkan fungsi pencernaan, diuretik alami,  meningkatkan HDL atau mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, mengandung Vitamin C dan B, menjaga penyumbatan pada pembuluh darah, meningkatkan metabolisme tubuh,  anti Aging atau penuaan dini para ibu hamil setelah melahirkan, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah penuaan dini,  Obat Jerawat, mengatasi kulit berminyak, sebagai pelembab kulit wajah, menyegarkan kulit wajah, menghilangkan flek hitam ada kulit wajah (sumber: playon.co.id). ***



Iklan

Iklan