RUMAH PINTAR PEMILU UNTUK PEMILIH PINTAR MEMILIH




Kupang, mutiaratimur.net

KPU Kota Kupang dalam memaksimalkan program pendidikan Pemilu, hari ini Jumat (25/10/2019) melaksanakan kegiatan voter education/VE bagi pemilih  Kota Kupang.

Deky Ballo, ketua KPU Kota Kupang menjelaskan kegiatan edukasi pemilih merupakan sebuah rangkaian program KPU untuk memberikan pencerahan terutama bagi pemilih pemula, seperti siswa SMA/SMK, Perguruan Tinggi, kelompok disabilitas dan kaum marginal.

Lebih lanjut, Ketua KPU Kota menyampaikan, tujuan kegiatan ini agar peserta menjadi pintar, mengerti tentang pemilu dan mampu berpartisipasi dalam setiap hajatan terselenggaranya pemilu.

Bagaimana mereka menjadi pemilih yang baik gunakan haknya, bagaimana mereka bersedia menjadi penyenggara nanti, minimal Kelompok Penyelenggara Pemilu  di TPS atau mereka paling tidak mensosialisasikan tentang pemilu ke lingkungan atau ketengah keluarga dan teman-temannya.



John A. Messakh, Sekretaris KPU  Kota Kupang menuturkan,  kegiatan tersebut dilaksanakan per group. KPU Kota Kupang mengundang para peserta dengan  kriteria untuk mengikuti kegiatan adalah pemilih pemula. Kehadiran mereka dijemput dan kembalinya diantar dengan
kendaraan dari KPU Kota.
Ada dua kendaraan yang disiapkan dan selalu standby untuk antar jemput peserta.

Peserta yang hadir diberikan materi pemilu oleh narasumber anggota KPU Kota Kupang. Metode yang digunakan pada kegiatan ini berupa pemaparan materi, diskusi atau tanya-jawab. Respon peserta khusus anak sekolah sangat antusias ingin mengenal lebih dalam tentang rumah pintar dan KPU.

Namun yang perlu menjadi perhatian bagi KPU adalah bagaimana fasilitas rumah pintar dan isinya yang harus lebih membuat rumah pintar ini adalah segalanya.

Ada sesuatu yang lebih dari sekedar program tanpa didukung dengan kualitas sajian yang membuat orang merasa ada daya tarik tertentu bukan hanya serupa museum demokrasi, tapi pusat studi pemilih milineal yang keren.***






Iklan

Iklan