Pj. Walikota Titipkan Beberapa Pokok Terobosan Demi Kualitas Pendidikan Di Kota Kupang

Kota Kupang, mutiara -timur com // Penjabat Walikota Kupang, Fahrensy Funay, M.Si, menitipkan beberapa hal pokok terobosan  baru bagi Dinas P dan K untuk peningkat kualitas pendidikan anak yang lebih berarti baik intelek maupun karakter atau Budi pekerti. 

Hal ini disampaikan dalam sambutan saat membuka pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi bidang kegiatan  program Dinas P dan K Kota Kupang pada Rabu, (10/1/24) di Swiss Berlin Hotel Kristal.

"Saya mengucapkan terimakasih dan memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Kupang beserta Jajaran, Para Pengawas, Kepala Sekolah Dan  Guru Serta Tenaga Kependidikan lainnya yang selama ini secara konsisten mendukung Pemerintah Kota Kupang, melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, demi perubahan yang berarti pada wajah Pendidikan Di Kota Kupang," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Walikota menggarisbawahi beberapa hal pokok menjadi acuan bagi peserta dalam merumuskan pendidikan di Kota Kupang kedepan, yaitu:

Pertama, Bidang Program, pentingnya dilakukan seluruh rencana evaluasi terhadap program pembangunan pendidikan sesuai RPJMD Kota Kupang; 

Kedua, upaya peningkatan mutu dan kualitas para siswa harus menjadi prioritas, melalui pengadaan buku-buku referensi dan mata pelajaran, sarana perpustakaan, media pembelajaran dan alat-alat praktikum, serta menggencarkan aneka kegiatan lomba yang bertujuan untuk meningkatkan daya serap siswa, termasuk pendidikan luar sekolah, pembinaan organisasi pelajar serta kegiatan olahraga prestasi.

Ketiga, dari aspek manajemen pelayanan, perlu untuk melakukan pembenahan terhadap standar pelayanan minimal pendidikan, agar dapat memenuhi harapan masyarakat dan tuntutan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Keempat, Tingkatkan koordinasi, supervisi dan pengawasan yang intensif, terarah dan terpadu terhadap segala aktivitas belajar.

Kelima, mengajar, sehingga keseluruhan prosesnya dapat berjalan dengan lancar guna mendukung peningkatan mutu pendidikan di daerah ini.

"Pada kesempatan yang istimewa ini saya minta kepada seluruh pengelola pendidikan khususnya instansi teknis dan para Kepala Sekolah, agar selalu melakukan koordinasi dan pertimbangan yang matang terhadap setiap berpegang pada prinsip kebijakan, dengan transparansi dan akuntabilitas, agar dalam implementasinya tidak menimbulkan dampak negatif, yang akan memunculkan sikap ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah," pintanya.

Pj. Walikota mengajak  semua khususnya jajaran pengelola pendidikan untuk menggalang partisipasi aktif seluruh stakeholder pendidikan di daerah ini; karena sebagus apapun program yang kita rancang, tanpa dukungan dan keikutsertaan semua pihak, maka pasti tidak akan mencapai hasil yang optimal. 

"Untuk itu mari bersama-sama kita satukan tekad dan komitmen untuk memberi arah yang tepat dan akurat bagi pembangunan sektor pendidikan di daerah ini, agar mutu pendidikan dan prestasi αnακ-αnακ kita semakin kompetitif dan tidak tertinggal jauh dalam skala pendidikan secara nasional. Tak lupa kepada seluruh peserta, saya minta keseriusannya agar dalam mengikuti rakor ini, saudara-saudara dapat menghasilkan berbagai rekomendasi yang lahir dari kesungguhan  pemikiran yang sehat, serta analisis yang cerdas, dan memiliki bobot secara ilmiah," ujarnya seraya membuka acara. *(usgo)



Iklan

Iklan