Pemilihan Ketua RT/RW Sikumana Kota Kupang Modifikasi Ala Pemilu

Kupang,--Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) berlangsung layaknya pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden. Hal ini terlihat dari teknis pelaksanaan yang sedikit memodifikasi sistem Pemilu. Ada daftar pemilih, Tempat Pemungutan Suara (TPS), petugas TPS, dan saksi.

Pemilih adalah warga setempat dari RT dan RW sekitar. Terlihat dari pancaran ekspresi pemilih yang hadir sangat antusias menggunakan hak pilih pada kontestasi mini tingkat rukun tetangga dan rukun warga. Antusias warga datang memilih bukan tanpa alasan. Mereka mau menghasilkan pilihan akan kepimpinan ketua RT dan RW yang aspiratif dan amanah. Catatan yang mereka berikan bahkan, mereka siap menagih apabila kepemimpinan ketua RT dan RW yang baru tidak amanah.

Pemilihan Ketua RT berlangsung di beberapa lokasi, yakni RT 11, 12 dan 13, sedangkan Ketua RW hanya RW 05. Demikian rilis yang diterima media, Minggu, (24/12/23) mengenai pmilihan ketua-ketua perangkat pemerintah Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang pada hari Jumat, 22 Desember 2023.

Ketua Panitia Pemilihan, Ody Kause, S.Pd menjelaskan, bahwa warga yang datang membawa undangan dan mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos salah satu nama atau foto di surat suara dari tiga kandidat ketua RT yang ada. Kemudian, surat suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.

"Selaku panitia, kami bekerja sesuai dengan juknis yang ada yang dikeluarkan dari pihak kelurahan. Kami mau berbijak, kami minta kepada warga yang datang itu harus membawa kartu keluarga(KK) atau KTP sebagai bukti fisik" Ungkapnya.

Disampaikan pula, bahwa dalam perhelatan itu, yang mendapat suara terbanyak dan terpilih menjadi Ketua. Dari hasil hitungan perolehan suara di RT 11 yang perolehan suara terbanyak, yakni kandidat Petrus Bere dengan jumlah suara sebanyak 180. Sedangkan di RT 12 yakni Boas Lesik dengan jumlah suara 99, sementara untuk RT 13  perolehan sangat signifikan terbanyak diraih Hendrik Missa dengan jumlah mencapai 139 suara. Sedangkan untuk ketua RW itu mendapatkan 600 lebih suara.

"Hasil pemilihan ini kami akan sampaikan ke pihak kelurahan dengan harapan hasil ini segera diproses di Kelurahan dan secepatnya ketua-ketua RT dan RW terpilih ini dilantik agar tidak terjadi kevakuman di RT 11,12,13 dan di RW 05," ujarnya. *(go)


Iklan

Iklan