Siswa-Siswi Gemar Makan Ikan dan Tinta Cumi Pewarna Alami Tenun Ikat SMA Negeri 1 Kupang

 Oleh: Mezra E. Pellondou

Ketua Tim  PKK propinsi NTT,Juli Laiskodat (sedang memegang tenun ikat produksi Kelas Tenun SMA Negeri 1 Kupang), Penjabat Walikota Kupang, Goerge Hadjo, SH; Plt.Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTT, Stefania Tungga Boro,S.Pi.,M.M., Kepala SMA Negeri 1 Kupang Dra.Marselina Tua M.Si, (memegang pelantang) siswa SMA Negeri 1 Kupang  (berkaos olahraga) dan guru  koordinator Kelas Tenun,Veronika Raro,S.Pd sedang mempercakapkan tentang tenun ikat produksi Kelas Tenun Ikat SMA Negeri 1 Kupang yang juga menggunakan pewarna alam hasil laut, berupa tinta cumi.

Kota Kupang, mutiara-timur.com // FAKTA di lapangan memperlihatkan bahwa para siswa SMA Negeri 1 Kupang gemar makan ikan sejak kecil.

 Hal ini tampak ketika secara spontan para siswa maju ke depan dan diwawancarai ketua tim  Penggerak PKK NTT, Juli Laiskodat dalam kegiatan Gemarikan pada hari Jumat, 24 Maret 2023 yang dihadiri oleh sekitar 500-an siswa SMA Negeri 1 Kupang. 

Bahkan, terdapat  siswa yang mengaku  menyantap ikan sekali makan tiga ekor dengan frekuensi yang teratur yakni  setiap Minggu 4 kali menyantap ikan. 

Rata-rata siswa mengakui kebiasaan makan ikan dipengaruhi oleh orangtua dan  keluarga yang juga gemar makan ikan.

Ketua Tim  Penggerak PKK NTT,Juli Laiskodat sedang bercakap dengan para siswa SMA Negeri 1 Kupang dalam kegiatan Gemar Makan Ikan

SMA Negeri 1 Kupang menggelar kegiatan Gemarikan atau Gemar Makan Ikan, kolaborasi Kelas Inspirasi SMA Negeri 1 Kupang dengan mitra belajar Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTT, serta Nusa Tenggara Vokasi (NTV), komunitas yang bergerak di bidang pendidikan vokasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT,  Julie Laiskodat,Jumat 24 Maret 2023 bertempat di pelataran depan Sekolah Penggerak  SMA Negeri 1 Kupang.

Hadir memberi sambutan, Penjabat walikota Kupang Goerge Hadjo, SH didampingi  Plt. Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTT  Stefania Tungga Boro S.Pi,M.M.

Dalam sambutan pembukaan, Plt.Walikota Kupang memberi apresiasi pada para pelajar yang telah menyadari akan pentingnya mengonsumsi ikan.  

Harapan penjabat walikota Kupang agar para pelajar SMA Negeri 1 Kupang terus komitmen  menjadikan lautan sebagai lahan belajar dan lahan harapan untuk kesejahteraan hidup,serta menjadikan  kebiasaan makan ikan  sebagai upaya peningkatan gizi dan peningkatan kesehatan dan ketahanan tubuh.

Goerge Hadjo juga berharap  kegiatan yang sama bisa juga diwujudkan di tingkat SD dan SMP agar anak-anak yang masuk ke SMA Negeri 1 Kupang adalah anak-anak yang juga telah dipersiapkan sejak SD dan SMP, tidak hanya cerdas namun juga sehat.

Tim Nusa Tenggara Vokasi (NTV) pengelola  makan gratis bagi siswa SMA Negeri 1 Kupang

Pada kesempatan tersebut, saat membuka kegiatan Gemarikan ,ketua Penggerak PKK NTT,  Juli Laiskodat turun dari podium dan menemui sekitar 500-an siswa SMA Negeri 1 Kupang yang sejak pukul 5.30 WITA memenuhi pelataran depan SMA Negeri 1 Kupang. 

Kurang lebih  45 menit terjadi percakapan dan tanya jawab antara bunda Juli Laiskodat dengan para siswa mulai dari cita-cita siswa hingga bagaimana siswa bisa terlibat aktif  dalam kegiatan  berkaitan dengan gemar makan ikan.

Mengonsumi ikan meningkatkan  kecerdasan dan ketahanan tubuh,serta  dampak  makan ikan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh akan membantu siswa dalam perjalanannya meraih cita-cita.

NTT dengan lautnya yang tidak hanya eksotis untuk kebutuhan pariwisata namun juga sangat besar manfaatnya untuk memenuhi gizi masyarakat terutama generasi muda NTT,lebih khusus pelajar SMA Negeri 1 Kupang. 

Seusai bercakap-cakap langsung  dengan para pelajar Julia Laiskodat melakukan demonstrasi mengolah makanan dari bahan ikan, kepiting dan rumput laut hasil laut NTT. 

Para siswa/i SMA Negeri 1 Kupang

Tinta Cumi Pewarna Alami Tenun Ikat

Dalam kegiatan Gemarikan tersebut SMA Negeri 1 Kupang juga memperkenalkan  hasil tenun ikat produksi  Kelas Tenun Ikat SMA Negeri 1 Kupang  Asuhan ibu  guru Veronika Raro kepada Bunda Julie Laiskodat dan diberi penjelasan oleh kepa la SMA Negeri 1 Kupang Dra.Marselina Tua,M.Si  bahwa tenun ikat Kelas Tenun SMA Negeri 1 Kupang pun menggunakan pewarna alamiah dari hasil laut berupa tinta cumi dan teripang. 

5OO-an Siswa Sarapan Bersama 

Acara dilanjutkan dengan pemberian makanan ikan  secara gratis  pada 500-an siswa SMA Negeri 1 Kupang yang menandai makan bersama dalam  kegiatan Gemarikan.

Hadir dan terlibat aktif dalam kegiatan Gemarikan  Wakasek Humas ,Bayulu Toko,Wakasek Kesiswaan Marthen Mail, Wakasek Kurikulum Sandy N.Paliama, Wakasek Humas Ahmad Djais  serta semua guru dan pegawai SMA Negeri 1 Kupang. 

Para siswa/i SMA Negeri 1 Kupang

Menu yang disajikan dalam makan bersama merupakan kerjasama dinas kelautan dan  perikanan yang diolah dan disajikan oleh Nusa Tenggara Vokasi NTT (NVT), yang dipimpin langsung oleh pembina NVT, Juliana Ekawati.  

Tersedia aneka  makanan dan  minuman  olahan  yang ditandai dengan  makan bersama hasil olahan laut, berupa ikan dan kepiting yang dijadikan sop campur jagung katemak,kacang tanah,kacang hijau dan kelor. 

Disediakan pula aneka minuman  yang merupakan campuran rumput laut dan kopi yang semuanya merupakan hasil atau produksi  dari bumi NTT.  Sekitar 500-an siswa SMA Negeri 1Kupang semuanya mendapatkan sarapan gratis hasil olahan laut dalam kegiatan Gemarikan, atau Gemar Makan Ikan.*(MEP).

Iklan

Iklan