Pilkada Kota Kupang 2024, Jonas Salean Paket Dengan Ketua IKMR Kupang


Kota Kupang, mutiara-timur.com // PILKADA 2024 bila dihitung mulai tahun 2022 sekarang rentang waktunya masih 2 tahun dan bagi seorang politisi  limit waktu ini sudah amat dekat. Hal itu membuat sang politisi melakukan hitungan untuk tak tinggal diam pada momen tersebut. 

Jonas Salean seorang politisi partai Golkar mantan Walikota Kupang periode 2012-2017 pun demikian. Secara mental dan fisik untuk kembali berkelana sebagai petarung pada pilkada Kota Kupang 2024 terus membara. Kehendak yang membara disebabkan oleh salah satu faktor dirinya telah memiliki modal keputusan  pada Musda Golkar beberapa bulan lalu di hotel Aston yang menetapkannya  kembali secara aklamasi selaku Ketua DPC Golkar Kota Kupang menjadi kandidat Wali Kota Kupang pada Pilkada tahun 2024. 

Demikian Jonas Salen pada hari Rabu (9/11/22) menerima tim media di kediamannya yang terletak pada  bilangan belakang Gedung Kantor Keuangan Negara, Kota Baru.

" Ya, saya akan maju kembali bertarung pada pilkada Wali Kota 2024. Saya telah mendapat keputusan dukungan calon Wali Kota kembali berdasarkan Musda Golkar beberapa bulan yang lalu di hotel Aston Kupang," ungkap Jonas.

Jonas pada kesempatan tersebut juga mengatakan ia sudah punya wakil yang akan menjadi satu paket pada pilkada 2024. Wakil itu adalah Ketua Ikatan Keluarga Manggarai Raya (IKMR) di Kota Kupang, Aloysius Sukardan.

"Untuk maju Pilkada 2024 Kota Kupang saya sudah punya wakil dari Ketua Ikatan Keluarga Manggarai  Raya di Kota Kupang, Pak Alo Sukardan," ucapnya dengan optimis.

 Alo Sukardan menurut Jonas  adalah seorang  yang memliki banyak pengalaman, dalam dunia pendidikan ia mantan Dekan Fakultas Hukum Undana, pernah menjabat sebagai salah satu direktur Bank NTT dan banyak kegiatan kegiatan kemasyarakatan lain yang diembannya. 

Menyakinkan dirinya satu paket dengan ketua IKMR Kupang pada pilkada 2024 berangkat dari kronologi keterlibatan Jonas bermula dari undangan seorang tokoh masyarakat untuk menghadiri acara kumpul keluarga pernikahan anaknya Aloysius Sukardan. Di kesempatan itulah ada pembicaraan serius dari sekitar 30 an tokoh Manggarai di Kota Kupang untuk mendukung Jonas berpasangan dengan Alo Sukardan.

"Saya diundang oleh seorang teman tokoh masyarakat untuk hadir pada acara kepo, kumpul keluarga pernikahan anak Pak Alo Sukardan. Ketika saya datang, saya diterima dan saya melihat duduk kumpul tokoh-tokoh keluarga Manggarai  sekitar tiga puluhan orang, salah satunya dokter Husein. Di kesempatan itu saya disiapkan kursi untuk duduk di samping pak Alo Sukardan lalu terjadilah pembicaraan soal Pilkada Kota Kupang 2024, dan mereka menyampaikan dukungan ke saya berpasangan dengan Ketua IKBMR, Alo Sukardan. Ini yang saya lihat sebagai kekuatan bagi saya karena ada energi positip membakar semangat saya untuk berpasangan dengan beliau dalam Pilkada 2024," tutur Ketua DPC Partai Golkar Kota Kupang itu.

Momen ini mendorong anggota dewan Provinsi NTT daerah pemilihan Kota Kupang pun menyiapkan langkah-langkah berikutnya agar semakin mantap untuk menuju hajatan politik Kota Kupang di waktu yang akan datang. Salah satu langkah dalam waktu terdekat di bulan Desember 2022, yaitu meminang Alo Sukardan sebagai Wakil Wali Kota berpasangan dengannya.

" Saya merasakan ada semangat dari keluarga dan para tokoh Manggarai yang telah memberikan peluang tersebut, maka di bulan Desember saya akan bersama keluarga dan tim meminang Pak Alo Sukardan sebagai Wakil saya. Pinangan akan dilakukan secara adat Manggarai karena itu kami akan mulai dengan persiapan-persiapan," kata Jonas Salean.

Jonas Salean  dihadap tim media menggambarkan tentang karirnya baik pernah sebaik birokrasi ASN, maupun politisi dan juga menggaris bawahi  menjadi seorang pemimpin sebagai Walikota di Kota Kupang sesuai folosofi KOTA KASIH.

"Sejatinya jadi pemimpin kota ini harus memaknai dan mengekspresikan diri pada pelayanan pembangunan sesuai motto: KOTA KUPANG, KOTA KASIH," ujarnya.

Sebagai salah satu perintis pendirian Kota Kupang, Jonas menguraikan filosofi Kata KASIH per huruf. Akronim kata KASIH diungkapkan Jonas Salean. Pertama, huruf K adalah Karya.  Kota Kupang merupakan daerah terbuka untuk semua orang untuk berkarya, mengabdikan diri membangun kota ini. Termasuk para ASN. Karena itu dalam berkarya semua orang diberi kesempatan, termasuk memberikan jabatan atau peran di pemerintahan tanpa membeda-bedakan. Dengan demikian akan ada rasa aman di Kota ini. Kedua, A adalah Aman. Kota ini harus aman mulai dari RT/RW. Kalau aman berarti memberikan rasa nyaman bagi setiap warga termasuk di lingkungan ASN juga. Supaya tidak ada sikut menyikut dalam berkerja, tapi nyaman. Ketiga,  S itu Sehat. semua warga kota harus sehat. Sehat baru orang bisa berkarya, tentunya program-program kesehatan perlu mendapat perhatian serius. 

Keempat I dari kata Indah. Pembangunan penataan kota harus perhatikan keindahan. Penataan taman-taman kota, tempat-tempat rekreasi dan sebagainya harus diperhatikan aspek keindahan kota. Kelima H dari kata Harmonis. Dalam kebersamaan harus dijaga keharmonisan di antara warga kota, termasuk ASN. Keharmonisan kerja tak perlu membeda-bedakan dari suku,etnis, golongan atau agama manapun,  tapi harus profesional. Itulah filosofi KOTA KASIH ulas Jonas Salean yang perlu dijabarkan pada program-program sebagai Wali Kota.*(go).






Iklan

Iklan