Merasa Bersyukur, Bangga, Bahagia Apel Etnis HUT RI Baru Pertama Terjadi, Pidato Ketua FPK NTT

Mutiaratimur.net, Kupang // KETUA Forum Pembauran  Kebangsaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (FPK NTT), Theo Widodo dalam pidato perayaan HUT RI ke-77 mengajak peserta apel berbagai etnis di Kota Kupang harus merasa bersyukur, bangga dan bahagia menikmati peringatan HUT ke-77 kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian Theo Widodo, Ketua FPK NTT dengan penuh semangat, berlantang suara di pelataran mimbar selaku pembina upacara Apel Bendera bertempat di halaman depan kantor PUPR Provinsi NTT, hari Rabu (17/8/2022).

"Hari ini saya sungguh berbahagia, karena di hari yang bersejarah ini, saya diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah kata pada upacara memperingati Hari ulang tahun Republik Indonesia ke-77 yang pesertanya adalah semua etnis di kota Kupang," ungkap Theo diawal pidatonya.

Ketua FPK NTT mengatakan, bahwa setiap tanggal 17 Agustus negeri kita berpesta untuk meriahkan hari kemerdekaan kita sebagai sebuah bangsa yang besar.

" 17 Agustus adalah hari dimana seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah mengorbankan segala galanya, termasuk jiwa dan raga guna meraih kemerdekaan yang pada hari ini dapat kita  nikmati bersama. Tampa jasa mereka, Semua ini tidak mungkin kita nikmati," ujarnya mengudara.

Theo Widodo pun mengajak agar perlu ada rasa syukur, bangga dan bahagia tak menjadi mahal untuk diucapkan.

"Hari ini kita semua mengucapkan rasa syukur, bangga, serta bahagia atas kedamaian di negeri tercinta kita Indonesia. Hari ini Suara suara pekikan merdeka terdengar di seluruh pelosok negeri. Pekikan Merdeka berkumandang dari seluruh wilayah NKRI, bahkan seluruh anak bangsa dimanapun berada guna mensyukuri kemerdekaan ini," suara Ketua FKP.

Disampaikannya pula nuansa hatinya karena perayaan HUT RI ke-77 diselenggarakan Forum Pembauran Kebangsaan NTT yang baru pertama terjadi tapi antusias etnis-etnis di NTT,  Kota Kupang luar biasa dengan memakai pakaian adat daerahnya masing-masing, simbol keberagaman, kebhinekaan tapi satu untuk Indonesia.

"Hari ini terasa begitu indah, begitu damai, begitu bahagia  Karena pada hari ini kita hampir seluruh etnis yang ada di NTT dapat berkumpul bersama dalam rangka ikut meriahkan HUT ke 77 R1,  tanggal 17 Agustus 2022 dalam wadah Forum Pembauran Kebangsaan NTT, Sebuah wadah tempat berkumpulnya tokoh-tokoh etnis di NTT. Hari ini akan kita jadikan sebagai momen bersejarah bagi Forum Pembauran Kebangsaan NTT, pertama dimana baru kali ini dan mungkin ini yang pertama di Indonesia, kita selenggarakan upacara HUT RI dalam nuansa etnis, nuansa nusantara, nuansa bhineka tunggal Ika.  Momen bersejarah ini akan kita jadikan agenda tahunan tetap dalain rangka ikut mengisi Kemerdekaan Indonesia,"Ucap Theo Widodo dan respon dengan tepukan tangan bekali-kali oleh peserta apel.

Ketua FPK NTT juga memberitahukan thema yang diusung pada perayaan HUT RI tahun ini.

"Sengaja pada upacara kali ini kita ambil thema:  "Melalui Forum Pembauran Kebangsaan, kita tingkat kan semangat nasionalisme menuju Indonesia Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat". sebagaimana thema nasional perayaan HUT RI, dengan harapan agar kita mampu bangkit lebih pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat paska Pandemi covid 19.

"Saya yakin Forum Pembauran Kebangsaan yang disingkat FPK NTT akan dapat bangkit lebih kuat dalam menyatukan semua etnis yang ada sebagaimana komitmen FPK dalam menjaga kebhinekaan Indonesia, khususnya di wilayah Nusa Tenggara Timur, tentunya dengan peran semua etnis bersedia bahu membahu menjaga perdamaian dan membangun NTT," pungkas ketua.

Di akhir  pidato Ketua FPK tak lupa menitipkan ucap terimakasih kepada para pihak yang telah hadir sukseskan acara apel mengenang detik-detik kemerdekaan RI tercinta.

"Pada kesempatan ini pula saya patut mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Saudara semua yang telah berpartisipasi dan berkontribusi demi terselenggaranya upacara ini, baik secara moril, materil maupun sumbangsih dalam bentuk saran dan pemikiran. Terima kasih khusus kepada Kepala Badan Kesbang pol NTT bapak Yohanes Oktorianus,  Komandan NTT Sub-Satgas Badan Intelijen Strategi TNI Mayor CHB. Hery Sapto Prasetyo yang telah memberikan ide akan  perhelatan akbar ini. Terimakasih khusus juga secara pribadi saya sebagai Ketua FPK NTT perlu saya sampaikan kepada seluruh jajaran Pengurus FPK NTT yang telah bekerja bahu membahu" dalam tempo yg sangat singkat menyukseskan HUT RI  ke-77 kita Ini. Terima kasih khusus juga kepada bapak Gubernur Provinsi NTT  dan Kepala Dinas PUPR yang mengijinkan kami menyelenggarakan perayaan bersama, termasuk ijin menggunakan lapangan upacara Dinas PUPR Prov. NTT ini," ujarnya.

Ketua FKP juga  yakin akan setiap dukungan kebaikan tentu ada pahalanya.

"Saya yakin Tuhan Yang Maha Kuasa akan membalas semua kebaikan sesuai amal ibadah kita. Tuhan saja yang akan senantiasa mempermudah langkah kita menuju cita-cita dan masa depan kita yang lebih cemerlang. 

Marilah kita bersatu padu dalam kebhinekaan menuju Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.  Dirgahayu RI, Jayalah Negeriku - Negeri Pancasila. Salam Pancasila ! MERDEKA!! MERDEKA. *(go)

Iklan

Iklan