Ketum, Mayjendral TNI Purnawirawan H.Heros Paduppai Utus Tim DPP Serahkan Mandat dan Sosialisasi FKKPBM di NTT


Mutiaratimur.net, Kupang// KETUA Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat  Forum Komunikasi Keluarga Purnawirawan Baret Merah (FKKPBM) Mayor Jendral TNI Purnawirawan H.Heros Paduppai menugaskan Letkol Purnawirawan Siswadi.SE.MM dan Mayor Purnawirawan Poniran sebagai ketua bidang Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK) DPP untuk menyerahkan mandat dan melaksanakan sosialisasi di NTT.

Penyerahan mandat dari DPP ke Penerima Mandat, Clementino Castelo Branco  dengan harapan agar mandat yang diterima dapat segera ditindaklanjuti melalui pembentukan Kepengurusan tingkat DPD sampai dengan DPC di Provinsi NTT.

FKKPBM adalah sebuah organisasi masyarakat yang memiliki legalitas hukum formal sesuai peraturan perundang-undangan tentang pendirian organisasi masyarakat di negara Republik Indonesia.

FKKPBM didirikan sejak  tahun 2016 dengan maksud dan tujuan mempersatukan semua purnawirawan angkatan darat secara khusus Kopassus dan juga masyarakat yang mencintai Baret Merah sebagai satu kesatuan senasib, sepenanggungan dalam membela dan menjaga NKRI. Forum ini adalah ormas yang bersifat sosial dan non partisan. 

Demikian Mayor Purnawirawan Poniran dari DPP Jakarta dan Letkol Purnawirawan Siswadi,SE, MM dari DPD DKI Jakarta pada hari ini , Sabtu (2/4) saat sosialisasi dan penyerahan mandat kepada Clementino di Kupang, NTT yang dihadiri 50 orang peserta yang terdiri dari purnawirawan Baret Merah,dan masyarakat simpatisan.

"Forum Komunikasi Keluarga Purnawirawan Baret Merah (FKKPBM)  adalah organisasi sosial, bukan organisasi politik. FKKPBM dibentuk agar kita semua sebagai mantan Baret Merah bisa bersatu sebagai keluarga yang saling memiliki dalam menjaga dan membela NKRI. Mempertahankan Pancasila sebagai ideologi dasar negara kita dan Undang-Undang Dasar '45 sebagai landasan konstitusional," ungkap Mayor Purnawirawan Poniran.

Mayor Purnawirawan itu juga menjelaskan FKKPBM mempunyai legalitas yang lengkap baik Akta Notaris, AD/ART, Izin Menkumham  Izin Mendagri, Kesbangpolinmas, dan NPWP.

"Forum kita FKKPBM dari aspek hukum, soal legalitas tidak diragukan. FKKPBM memiliki dokumen hukum kita tinggal melakukan program nanti sesuai yang tercantum dalam AD/ART. Kita selain ada AD/ART  juga  memiliki Akta Notaris,  Izin Menkumham  Izin Mendagri, Kesbangpol, dan NPWP, "tutur Poniran yang pernah membela NKRI di Timor Lorosae.

FKKPBM secara struktural disampaikan oleh Mayor Purnawirawan, bahwa Forum ini berada pada satu komando loyalitas tegak lurus koordinasi dan komunikasi timbal balik Dewan Pimpinan Pusat(DPP) ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD Provinsi), Dewan Pimpinan Daerah  ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC Kab, Kota), Dewan Pimpinan Cabang ke Dewan Pimpinan Rayon (DPR Kecamatan) dan sebaliknya dari tingkat Rayon secara berjenjang sampai tingkat Pusat.

Sehubungan dengan program disoroti berbagai program sosial yang akan menjadi perhatian pada forum tersebut. Salah satu program itu adalah memperhatikan keanggotaan untuk kemandirian organisasi melalui giat koperasi. 

" Kita punya program sosial untuk saling memperhatikan sesama anggota, seperti lewat koperasi. Koperasi menjadi wadah yang baik bagi kita untuk menghidupi oraganisasi FKKPBM di daerah  ini," ulas ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP itu.

Sementara Letkol Siswadi dalam memaparkan materi sosialisasi, mempertegas kembali soal organisasi FKKPBM dari sisi ciri khasnya.

"FKKPBM bukan bagian dari sebuah golongan, organisasi atau partai politik manapun. Tapi forum ini mengakomodir semua kita yang hadir di kesempatan kali ini yang mungkin ada yang dari partai A, atau B atau C dan sebagainya. Forum untuk siapa saja dari berbagai latar belakang yang penting kita bersatu mencintai Baret Merah. Kita hadir tidak bicara politik, kita bicara akan kegiatan dari kita, oleh kita dan untuk kita dalam kehidupan sosial kita hadapi dan menemukan yang terbaik untuk kebersamaan," ungkap Siswadi Ketua DPD FKKPBM DKI Jakarta.

Siswadi melanjutkan, ciri FKKPBM memiliki integritas yang tinggi, mandiri dan independen.

Ciri yang lain adalah FKKPBM berperan sebagai motivator di tengah masyarakat dalam  mengamalkan 4(empat) pilar Kebangsaan.

Letkol Purnawirawan Siswadi dihadapan peserta sosialisasi memaparkan pula visi dan misi FKKPBM.

"FKKPBM memiliki visi mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar '45," ujarnya.

Dalam hal visi disampaikannya dalam 4 poin, yaitu: 

Pertama, Menumbuh kembangkan Persatuan dan Kesatuan, kesadaran Bela Negara dan Cinta tanah Air.

Kedua, melaksanakan Koordinasi dan Kerja sama secara terus menerus dengan TNI-POLRI dan segenap komponen Bangsa untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Ketiga, menyelenggarakan ekonomi kerakyatan untuk ikut mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Keempat, bekerja sama dengan kementerian, lembaga dan segenap komponen masyarakat tingkat pusat maupun daerah di untuk mewujudkan ketahanan pangan, ekonomi, sosial budaya dan  penegakan disiplin Nasional.

Sosialisasi diakhiri dengan foto bersama sebagai  satu kesatuan korpsa yang siap menggerakan FKKPBM di Nusa Tenggara Timur.*(go)

Iklan

Iklan