Labuan Bajo Pilihan Strategis Digelar AIWW Ke-2

Mutiaratimur.net- Agus Sosiawan, Kepala Balai Wilayah Sungai Nusra II setelah kembali mengikuti kunjungan Menteri PUPR RI dalam kaitan dengan rencana adanya forum Asia International Water Week ( AIWW) ke-2 menyatakan Labuan Bajo ibu Kota Kabupaten Menggarai Barat siap digelar AIWW pada bulan Maret 2022.

Demikian inti keterangan beliau ketika ditemui tim media, pada hari Rabu (9/2/22) di ruang kerjanya.

"Asia International Water Week atau disingkat dengan AIWW yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-16 Maret 2022, pada prinsipnya dari sisi lokasi dan  lainnya di Labuan Bajo sudah siap untuk forum tersebut," ungkap Agus Sosiawan.

Dalam kaitan dengan keterlibatan Balai Sungai mulai dari persiapan dan menyongsong hari pelaksanaan AIWW, Agus menyampaikan, "peran Balai Sungai pada kegiatan ini hanya  pendukung, sedangkan panitia semuanya dari pusat ( Jarkarta-red). Sebagai pendukung terlibat pada seksi persiapan lokasi, seksi panggung, seksi sosial.

Kita  bersama panitia sudah  sejak bulan Desember tahun 2021dan sampai bulan Pebruari 2022 terus melakukan persiapan, dan bulan Maret siap event AIWW terlaksana."

Kepala Balai pada kesempata ini juga menjelaskan, bahwa kehadiran Menteri PUPR minggu ini untuk memantau dan memastikan persiapan di lapangan, Labuan Bajo, dan menurut Agus, kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur, ketua Panitia akan segera melaporkan soal persiapan menyonsong AIWW di Labuan Bajo dan meminta kehadiran Gubernur untuk bisa menjadi salah satu pembicara pada hari pertemua akbar tersebut.

Kegiatan Asia Internationa Water Week merupakan sebuah forum secara rutin setiap tiga tahun sekali diselenggarakan guna menyampaikan progres report dan merumuskan kebijakan pemecahan masalah sumberdaya air di Asia. AIWW ini   kali  merupakan kedua, setelah yang pertama kali  dilaksanakan di  Korea Selatan. Di Indonesia ditetapkan  Labuan Bajo karena ada  pertimbangan strategis untuk AIWW kedua.

Kepala Balai yang di dampingi salah satu stafnya melanjutkan informasinya, bahwa kegiatan ini akan menghadirkan para pejabat, baik utusan dari negara Asia dan juga di tingkat nasional sehingga banyak orang yang akan hadir.

"Bapak Presiden RI, Jokowi akan hadir, para pejabat Perwakilan dari  negara-negara Sahabat di Asia, seperti pejabat-pejabat dari Korea Selatan akan Hadir dan utusan keterwakilan negara Asia lainnya," kata beliau.

Kepala Balai menaruh harapan pada kesempatan AIWW tersebut,  Gubernur NTT dapat mempromosi  Destinasi Pariwisata Premium Labuan Bajo khususnya dan pariwisata di Nusa tenggara Timur pada umumnya.

"Momen ini  pula sangat tepat untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur yang lagi gencar dengan pariwisata sebagai lokomotif atau prime mover program pembangunan kembali diperkenalkan," ujar Agus.

Lebih lanjut diulaskan Agus Sosiawan mengenai output yang diharapkan dari IAWW di Labuan Bajo bulan depan ini yang berkaitan dengan kebijakan penggelolaan sumber daya air.

"Dalam pertemuan ini tentu akan dibicarakan pula masalah sumberdaya air di Labuan Bajo, bagaimana ketika berhadapan mitigasi bencana, atau kondisi iklim yang ekstrim, banjir, atau polusi udara yang kini sangat terasa. Ada juga pembicaraan air dari air sumur bagaimana pengelolaannya menjadi air minum yang tentunya hal itu menjadi sangat penting karena membutuhkan biaya yang tinggi," punngkasnya.

Kepala Balai Wilayah Sungai pun menilai ajang international Maret mendatang, sebagai kesempatan tukar informasi, saling berbagi dari upaya penangana sumberdaya air di negara masing-masing dan ada ruangtawar menawar, negosiasi untuk kerjasama atau join mengatasi masalah air.

"Dengan adanya pertemuan ini akan terjadi sharing yang bermanfaat sehingga bisa menjadi jalan keluar bagi masyarakat  kedepannya. Bisa jadi akan ada kerjasama dalam hal pemenuhan air sebagai kebutuhan dasar. Kemungkinan dapat dibangun kerjasama dengan negara Korea Selatan," ujar beliau. *(nggo)

Iklan

Iklan