Di Tahun Pandemi Covid-19 Golkar NTT Eksis Program Pro Rakyat dan Kapasitasi Kadernya

Mutiaratimur.net- Golkar NTT merupakan partai politik yang selalu cepat, cekatan dan praktis membaca situasi dan kondisi masyarakat yang sedang terjadi. Rasa peduli yang begitu tinggi sehingga di tahun pandemi covid-19 tahun 2021 Partai Golkar telah menjangkau beberapa giat program yang respek terhadap kebutuhan sakyat NTT di 22 Kabupaten. Di samping solidaritas keberpihakannya pada rakyat, Golkar tak lupa melakukan penguatan atau mengkapasitasikan para kadernya.

Demikian Melky Laka Lena, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam Jumpa Pers akhir tahun di Sekretaris, Rabu (22/12/21).  

"Terkait dengan hari ini kami ingin silaturahim Akhir Tahun, sebelum Natal dan Tahun Baru dan juga HUT NTT. Sekaligus kami ingin memberikan  laporan yang telah kami lakukan selama tahun 2021. Sepanjang tahun ini ada kurang lebih beberapa kegiatan yang kami lakukan dalam kaitan dengan Covid-19," ungkap Melky.

Berikut kegiatan tahun 2021 yang disampaikan Ketua DPD Partai Golkar NTT, Melkianus Emanuel Laka Lena.

Sanyembara Menulis dan Video

"Sayembara Penulisan Gagasan konkrit pencegahan dan penangan covid-19 yang telah melahirkan beberapa pikiran yang bagus dan sebagian juga sudah disuarakan fraksi Partai Golkar dan dijadikan kebijakan pemerintahan NTT dalam mengatasi Covid-19 dan dampak pada kehidupan masyarakat," ungkap Melky, Ketua Partai Golkar NTT.

Kemudian lanjut Melky Laka Lena, " Sanyembara berupa video dengan tema, Mendengar, Rakyat Berbicara. Kalau sayembara pertama sudah dibukukan sebagai buku ketiga yang diterbitkan partai Golkar yang lahir dari senior jurnalis kita, Pak Frans Sarong, Pak Toni Kleden dan tim media Golkar NTT. 

Vaksinasi Covid-19

Kegiatan yang berhubungan dengan Covid-19 yang dilakukan partai Golkar lainnya berupa Vaksinasi Covid-19. 

"Vaksinasi kepada masyarakat NTT kami berikan pertama 34.000 warga, dan dilanjut dengan vaksinasi kedua 150.000 warga. Vaksinasi ini dilakukan oleh Yellow Klinik bersama Partai Golkar," ucapnya.

Kegiatan vaksinasi ini selain dengan Yellow Klinik, Golkar NTT juga bekerjasama dengan lembaga lain.

"Vaksinasi ini juga kami bekerjasama dengan lembaga lain, baik itu sekolah, institusi keagamaan maupun dengan asosiasi tertentu. Jadi dari vaksinasi itu kurang lebih telah dilakukan 200.000 lebih yang dilakukan oleh Partai Golkar. Dan itu semuanya menggunakan anggaran Gotong Royong Partai Golkar, " kata mantan aktivis PMKRI.

Anggaran vaksinasi

Soal anggaran yang dikeluarkan untuk vaksinasi tersebut sangat fantastis besarnya. Sesuatu upaya yang luar biasa demi menyelamatkan rakyat NTT.

" Jumlah anggaran vaksin itu tidak kecil, per tiga puluhan ribu kami keluarkan kurang lebih Rp.1 Milyar. Jadi vaksin kepada 200.000 warga itu kurang lebih Rp.6 Milyar. Semua biaya itu murni gotong royong dari semua kader, baik fraksi partai Golkar, pimpinan daerah asal dari Partai Golkar, atau fungsionaris Partai Golkar atau dari para bakal calon legislatif atau bakal calon kepala daerah Pemilu 2024 yang terlibat. Angka ini terlihat besar tetapi karena partisipasi semua kader maka menjadi ringan dan kegiatan vaksinasi bisa berjalan," ulas ketua.

Swab Antigen Gratis

Dalam kaitan dengan tahun pandemik covid-19 menurut Melky, selain vaksinasi ada juga swab antigen gratis. Ada pembagian Swab Gratis 260.000 sebagian sudah diberikan dan sebagian dalan on proses. Pemberian ini dalam rangka sebelum dan sesudah perayaan Natal dan Tahun Baru. Setelah ini juga partai Golkar melakukan pengecek swab antigen gratis bersama dengan tenaga kesehatan, pihak gereja, mesjid, sekolah dan pasar. Kita lakukan pengecekan swab gratis di tempat ini untuk mengetahui pada hari natal, tahun baru dan pasca natal dan tahun baru aman, tidak, masalah covid-19 di NTT.

Kegiatan tersebut dilakukan kebetulan Golkar mendapat 260.000 swab antigen gratis oleh Kementerian Kesehatan.

Pemberian Makanan Tambahan

Sehubungan dengan masalah covid-19, Partai Golkar juga  melaksanakan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan ( PMT) untuk balita dan ibu hamil berkaitan dengan stunting. 

"Untuk stunting kami partai Golkar juga turun sampai ketingkat RT/RW di desa, kelurahan kami turut bagi  PMT di Pustu dan Puskesmas sekitar 40 ton lebih atau sekitar 50.000 dos untuk ibu hamil dan 50.000 dos bagi anak balita. Pembagian ini dalam upaya membantu pemerintah kabupaten kota mengatasi masalah stunting," urai Melky.

Badai Seroja, Banjir dan Longsor

Ketua DPD Golkar NTT menyampaikan, sejak awal Partai Golkar merespon baik dengan membuat posko di provinsi pada kantor sekretariat Golkar dan juga di Kabupaten Kota setiap Sekretariat Partai Golkar dijadikan Posko bantuan badai seroja dan membuka WiFi gratis. Semua lini di Golkar begerak termasuk struktur partai Golkar menanggapi badai seroja. Bantuan seroja itu termasuk bantuan genset kurang lebih 300 buah untuk NTT, dan sekarang masih ada yang sisa sehingga dibagikan lagi. Di lembaga legislatif bagi di Jakarta ataupun NTT, melalui fraksi partai Golkar terus mendorong agar hak-hak warga yang diberikan oleh BNPB harus diberikan sebagai bentuk komitment pemeritah pusat, provinsi dan kabupaten, kota. Minimal kami juga berusaha ada bantuan seroja puluhan juta rupiah untuk ratusan rumah melalui PUPR harus direalisasikan.

Kemudian terkait dengan banjir dan longsor beberapa daerah partai Golkar juga memberikan bantuan.

Kapasitasi Kader

Di tahun 2021 Partai Golkar NTT selain melakukan giat program pandemi covid-19 dan emergency kebencanaan, secara kelembagaan atau organisasi ada kegiatan berupa penguatan kader. Penguatan atau kapasitasi kader terutama pada kaum muda dan perempuan berupa pendidikan politik menjelang pemilu 2024.

"Khusus anak-anak muda dan perempuan se-NTT 60 orang telah diberikan pendidikan politik. Pendidikan politik ini kita akan berika terus menerus sampai lahirkan kader yang militan dan siap menjadi caleg partai Golkar, " kata beliau.

Kegiatan Pendidikan politik yang pertama dilakukan tidak hanya kader tapi juga ada masyarakat umum yang hadir pada pendidikan tersebut. Sejauh yang saya amati, menurut teman- teman latihan ini diterima dengan baik mengikuti pola tersebut sesuai kemauan kalangan kaum muda milenial dan perempuan.

Kegiatan Temporer

Terkait kegiatan temporer, hari ulang tahun Partai Golkar bulan Oktober kemarin juga banyak kegiatan sosial dan lain- lain. Lalu HUT NTT, partai Golkar juga membuat berbagai agenda sebelas hari bersama UMKM. 

"Kita membuka ruang UMKM mudah-mudahan kedepan UMKM bisa bertumbuh dan berkembang didorong berbagai pihak termasuk partai Golkar," harap beliau.

Sikap Partai Golkar terhadap kebijakan DPRD NTT

Respon partai Golkar terhadap kebijakan politik di DPRD NTT sesuai keputusan bersama, oleh ketua Golka NTT disampaikan,  "kami mengambil sikap KOP (Kritis, Objektif dan Proporsional). Ini bukan pola baru, tapi sikap ini sudah lama. Partai Golkar telah mengambil sikap KOP sejak  zaman Yusuf Kalla menjadi wakil Presidennya SBY. Kita di NTT memakai pola KOP mendukung pemerintah untuk menjalakan programnya dengan baik. Kita juga akan mengoreksi pemerintah apabila ada hal-hal yang perlu diluruskan. Sikap ini diputuskan bersama dan menjadi rekomendasi untuk dilaksanakan mendukung pelaksanaan program pembangunan Pemerintah Provinsi sampai Pemerintah Kabupaten Kota di se- NTT."

Acara Jumpa Pers Akhir Tahun Partai Golkar NTT dihadiri pula Sekretaris Partai Golkar, Inche Sayuna, bersama pengurus lainnya, Ans Takalapeta, Frans Sarong, Tony Kleden, Joni Oematan, Sokan Teibang. Pada kesempatan tersebut ada tamu spesial, Juara Nasional Putra/Puteri Tari Cilik Indonesi Best Cat Walk dari SMPK St. Yoseph yang didampingi Kepala Sekolah RD. Amance, Pr.**(bungmarmin)

Iklan

Iklan