Solidaritas Kota Kupang, Kopdit Ke-3 Peduli Pembangunan Rabat Jalan Nasipanaf

Kota Kupang,mutiaratimur.net- Jalan Sadar Bakthi Nasipanaf Kupang NTT yang dibangun rabat mulai dengan swadaya masyarakat sejak bulan Juli 2020 ternyata banyak mendapat dukungan  berbagai masyarakat dan instansi swasta. Jalan yang telah mencapai hasil kerja rabat sepanjang 300 meter lebih. Sedangkan bagian lain yang belum dikerjakan karena kdkurangan material dan  berhenti hampir seminggu kini kembali dikerjakan mulai hari Selasa,11/08/2020 karena material sudah terkumpul kembali dari berbagai donasi yang ada di Kupang.

Salah satu donasi adalah Koperasi Kredit (Kopdit) Solidaritas yang menyalurkan bantuan semen 60-an sak dalam bentuk uang. Dengan adanya Kopdit Solidaritas kini tercatat sumbangan dari lembaga koperasi kredit sudah tiga koperasi, dua diantaranya pada bulan Juli 2020, Kodit Swasti Sari dan Kopdit Serviam.

Penyerahkan bantuan tersebut diterima oleh salah seorang warga masyarakat Nasipanaf di ruang kerja Manajer Kopdit Solidaritas Kota Kupang, Urbanus Reko pada hari Senin (10/08/2020) dan telah dilanjutkan penyerahan kepada pada Panitia Perbaikan Jalan Nasipanaf hari itu juga. 

Manajer Solidaritas, Urbanus seusai menyerahkan bantuan mengatakan, "kami dari Kopdit Solidaritas melihat  perbaikan jalan oleh masyarakat Nasipanaf merupakan sebuah semangat untuk memiliki jalan yang bagus. Semangat ini terutama datang dari panitia yang begitu bekerja keras untuk menghimpun dana dan menggerakan warga. Sesuatu yang luar biasa patut diberi dukungan. Semangat kerja keras seperti ini kita juga tentu tidak tinggal diam, karena kerja jalan ini untuk umum, kepetingan kita bersama. Karena itu kita perlu beri dukungan. Jalan ini kedepannya akan dilalui banyak orang."

Tambahnya, "Bukan hanya karena urusan anggota Kopdit  Solidaritas ada di tempat, tetapi karena secara pribadi saya juga akan lewati di situ karena arisan atau  urusan keluarga, atau ada apa-apa saya juga akan lewati tempat itu. Sekali lagi ini semangat ini harus menjadi contoh di tempat lain, ketika tidak ada perhatian oleh pemerintah atau perhatian belum menyentuh ke situ, maka semangat warga seperti ini perlu diberi apresiasi. Kami dari Kopdit Solidaritas sangat sangat mendukung karena kami merupakan bagian dari masyarakat  tersebut. Apa yang diperjuangkan dan dibuat oleh teman- teman warga di sana membuat kami merasa terpanggil untuk membantu walaupun agak lama tapi kami sudah menyiapkan sebagai bentuk partisipasi atau kepedulian Kopdit Solidaritas. Bantuan kami tidak seberapa atau berarti apa-apa tetapi bisa meringankan beban warga Nasipanaf dan semoga saja pekerjaan berjalan lancar, dan aliran bantuan untuk masyarakat untuk jalan semakin banyak dan jalan dapat diselesaikan sesuai rencana panitia di sana."

Bantuan Kopdit Solidaritas itu pun oleh penerima dari warga masyarakat Nasipanaf langsung diserahkan kepada pengurus panitia perbaikan jalan pada hari itu juga waktu sore hari pukul 15.00, Senin (10/08/2020) di posko panitia perbaikan jalan. Hadir dalam penyerahan sumbangan Kopdit Solidaritas Kota Kupang, Ketua, Sekretaris, Bendahara Panitia Perbaikan Jalan serta disaksikan satu dua orang warga Nasipanaf. Hasan Mansyur, Sekretaris sekaligus sebagai koordinator perbaikan jalan mewakili masyarakat Nasipanaf menaruh rasa simpti dan empatinya kepada Kopdit  Solidaritas.

 "Kami  bersyukur di sore ini karena kami menerima bantuan dari Koperasi Kredit Solidaritas berupa semen yang dijadikan uang. Mudah-mudahan dapat kami gunakan sebagaimana mustinya. Kedua, dari segi jumlah material kami tidak melihat itu, walaupun pada dasarnya kami butuh. Tetapi nilai solidaritasnya dan kepedulian terhadap masyarakat itu yang kami sanjung."

Hasan pun menurutnya akan memorikan dalam catatan sebagai sejarah kepedulian Kopdit ini, seperti donasi lainnya.

"Hal ini kami catat sebagai referensi perjalanan sejarah hidup masyarakat Nasipanaf. Ketiga, kami tidak punya apa-apa untuk imbalan kepada koperasi, kecuali kami hanya atas nama masyarakat panitia mengucapkan terimakasih atas bantuannya. Semoga apa yang diberikan ini berguna bagi masyarakat dan juga sebagai manusia beriman kami juga serahkan kepada Yang Kuasa memberi balasan kepada bapak ibu di Koperasi Solidaritas yang telah mendukung kami masyarakat di sini untuk perbaikan jalan. Sekali lagi terimaksih banyak,  semoga Tuhan memberkati semua."(mm)





Iklan

Iklan