Sikka 70-an Swab Dalam Pemeriksaan, NTT Hingga Kini Terkonfirmasi 30 Pasien Covid-19


KUPANG,MT.NET- HARI ini Rabu, (13/05) Gugus Tugas Provinsi NTT menggelar jumpa pers di ruangan Biro Humas NTT untuk mengumumkan tentang perkembangan pemeriksaan swab kasus covid-19. 

Dokter Domi M Mere  menginformasikan Swab dari Kabupaten Sikka ada 70-an yang masih dalam proses pemeriksaan dengan metoda PCR  di laboratorium RS.Prof. W.Z. Yohanes Kupang.

Sementa itu sebelumnya  Domi, Kadis Kesehatan NTT yang didampingi oleh Karo Humas Setda NTT yang juga Juru bicara Covid-19 Provinsi NTT Jelamul A Marius mengatakan,“berdasarkan informasi dari laboratorium RSUD WZ Johanes Kupang, dari 92 spesimen Swab yang diperiksa, diketahui ada 11 Swab yang positif COVID-19. Dengan Rincian, Swab rujukan RS Komodo ada 9 pasien yang berasal dari klaster Gowa,1 Swab rujukan dari RSUD Ende  dari klaster Gowa dan 1 pasien positif lainnya hasil Swab dari rujukan RSUD Soe."

Ditambahkan pula, “berdasarkan informasi yang kami terima dari balai penelitian dan pengembangan kesehatan Republik Indonesia dari Jakarta, ada 1 pasien COVID-19 dari Sumba Timur. Itu dari klaster Grogol, Jakarta. Jadi dengan demikian,  maka total pasien COVID-19 di NTT menjadi 30 orang," kata Kadis.

Dari 30 pasien, 2 pasien dinyatakan sembuh dan 1 pasien meninggal dunia. Sedangkan pasien yang masih dirawat di Rumah Sakit berjumlah 27 orang. 

Terhadap pasien yang baru hari ini Gugus Tugas dan Gubernur telah berkoordinasi dengan pemerintahan kabupaten kota untuk segera melakukan isolasi dan penanganan perawatan, seperti Labuan Bajo di  rumah sakit daerah atau rumah sakit Siloam. Demikian pun Ende, TTS  dan Sumba Timur sudah dilakukan stressing dan isolasi.

Dominikus Mere menjelaskan pula jumlah pasien meningkat tajam, karena laboratorium PCRnya dekat sehingga memacuh para medis  makin cepat melakukan pemeriksaan sampel swab yang dikirim dari kabupaten kota. ***(Mm)

Iklan

Iklan