AWDI NTT Hadir Dengan Filosofi Sapu Lidi


Kupang, mutiaratimur.net

Asosiasi Wartawan Demokrasi Hadir di NTT Hari ini Sabtu (21/3) tepatnya Kota Kupang Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kota Raja, kediaman Bapak John Ballo, S.H., digelar rapat pembentukan Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI).

AWDI merupakan wadah bersama yang bertujuan untuk mewujudkan cita-cita insan Pers di Indonesia yang Demokrasi sesuai dengan keberadaan bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama, adat isti adat yang berbeda etnis ini untuk mejalin persatuan dan kesatuan Pancasila UUD 1945, serta menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan dan menempatkan diri sebagai sosial control yang independent serta memperkuat eksistensi dan jati diri wartawan dalam menjalankan tugasnya.

Dengan segenap kemampuan yang dimiliki oleh pengurusnya, AWDI mampu memberikan kontribusi positif kepada para insan Jurnalis, para wartawan, serta masyarakat baik di tingkat pusat maupun di daerah-daerah baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten dan kota. Organisasi yang turut melahirkan Dewan Pers dan menandatangani undang undang pokok pers No 40 tahun 1999 serta Kode Etik Wartawan Indonesia ini juga menjadi bagian dari Majelis Pers. 

Memasuki usia ke 20 Tahun Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) terus berupaya melebarkan sayapnya ke NTT. Melalui komunikasi  yang dibangun oleh John Ballo dan Yos Bataona dengan pengurus pusat (Sekjen AWDI) lahirlah  mandat yang ditujukan ke John Ballo untuk mrmbentik kepengurusan AWDI di Provinsi NTT dan merupakan Provinsi ke-27.

Dalam sambutannya, John Ballo menghendaki komitmen dari anggota yang hadir. Dengan memberi motivasi dalam filosofi, wartawan harus seperti sapuh lidi. Mengapa harus sapu lidi. Lidi kalau hanya satu saja mudah dipatahkan, tetapi jika dihimpun menjadi satu dan ikat sebagai sapu, tidak mudah dipatahkan. "Karena itu kita perlu bersatu sehingga kita punya power dan nilai tawar. Ingat dalam menulis berita kita perlu perlu perhatikan juga soal etika dan hukum", ungkap John Ballo.

Rapat berjalan lancar dan menghasilkan struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah AWDI Provinsi NTT sebagai berikut;
KETUA DPW AWDI : JOHN BALLO, S.H.
WAKIL KETUA 1 : ROBERTH STEVEN ENOK
WKIL KETUA 2 : YASINTUS FAHIK
SEKRETARIS DPW : YOSEPH PAUN SILLI BATAONA, S.H.
WAKIL SEKRETARIS : MARIA FRANCISCA DE SOUSA, Amd.KEB.
BENDAHARA DPW : MARIANI INDRAWATI ZALUKHU
WAKIL BENDAHARA : PETRUS BERE

BID. OKK (Organisasi, Keanggotaan & Kaderisasi):  MARIANUS MINGGO, S.Fil

BID. LITBANG & SDM : PATRISIUS KAMI, S.Pd., M.Hum.

BID. USAHA & EKONOMI : ENSTEN MEYNERS

BID. INVESTIGASI JURNALISTIK : MARIANUS MINGGO, S.FIL

BID. MEDIA & PENERBITAN : WILLFRIDUS WAWO LADO

BID. HUBUNGAN KELEMBAGAAN DAN KOMINFO: ARIF METAN BAIT

Rapat pembentukan pengurus AWDI Provinsi NTT diakhiri dengan foto bersama. (**)

Iklan

Iklan