PEMKOT KUPANG BELAJAR PADA DEMPLOT TANAM AIR CARE-CIS TIMOR



Kupang,mutiaratimur.net

Eksisnya Yayasan CARE Peduli  dan CIS Timor dalam issu Penanggulangan Resiko Bencana berbasis Kemitraan untuk Ketangguhan (Partnership for Resilence) di Kota Kupang, khususnya ternyata menarik perhatian Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore, MH.,MM. Sebagai  keseriusannya,

Beliau menyurati Pimpinan Yayasan Care Peduli untuk mendukung program Walikota Kupang, dengan surat nomor: 132//Huminfo.522.3/XI/2019, tertanggal 22 November 2019.

Dalam suratnya itu Beliau mengatakan, ”Pemerintah Kota Kupang sedang giat melaksanakan program peduli lingkungan dengan mengajak serta semua elemen masyarakat untuk aktif dan ikut berkontribusi dalam Gerakan  Kupang Hijau yang telah dideklarasikan pada hari Sabtu, tanggal 16 November 2019 di Arena Car Free Day, Jalan El Tari Kupang.


Selanjutnya dalam surat itu beliau juga menjelaskan bahwa:” Gerakan Kupang Hijau  terdiri atas tiga komponen yakni gerakan mengelola serta mengurangi sampah plastik, gerakan tanam dan rawat pohon serta gerakan tanam air dan hemat air.”

Dalam program gerakan tanam air, masih dalam surat yang sama walikota mengatakan, ”Dalam rangka memberikan contoh dan pembelajaran bagi warga  Kota Kupang maka pemerintah Kota Kupang memohon dukungan dari Yayasan Care Peduli sebagai mitra Pemerintah  untuk berkenan membantu pemerintah Kota Kupang dalam pembuatan modeling praktek tanam air dan hemat air di kelurahan-kelurahan  yang jadi lokasi dampingan Yayasan Care Peduli Indonesia dan mitranya CIS Timor. “

Menindaklanjuti surat tersebut, CIS Timor yang  merupakan mitra Care Peduli melakukan sosialisasi dan identifikasi untuk mengimplementasikan kegiatan tersebut di kelurahan Tuak Daun Merah, Kecamatan Oebobo dan Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima. Proses pelaksanaan kegiatan itu berjalan selama bulan Desember 2019. CIS Timor telah berhasil membuat dua lubang resapan air, sebagai demplot tanam air.

Sebagai Demplot Tanam Air yang dinilai berhasil oleh tim yang telah turun ke lokasi pada tanggal 28 Januari 2020, maka pada hari Rabu tanggal 12 Februari 2020 walikota membawa lengkap jajaran pemerintah Kota Kupang, mulai dari Plt. Sekda, seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para camat dan lurah se-kota Kupang untuk belajar pada demplot Tanam Air di Kelurahan Tuak Daun Merah.

Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada Care dan CIS Timor yang sudah dan sedang terlibat dalam kerja-kerja kemanusiaan di kelurahan Tuak Daun Merah dan Oesapa, Kota Kupang.

Beliau mengatakan bahwa Care dan CIS Timor bukanlah partai politik, melainkan sebagai lembaga swadaya masyarakat yang bekerja di tengah masyarakat untuk kepentingan kemanusiaan. Karena itu kita patut berterimakasih kepada kedua lembaga ini yang telah menjadi mitra pemerintah Kota Kupang dalam mendukung program pemerintah.

Setelah meninjau modeling demplot tanam air beliau mengatakan bahwa:” Aksi tanam air dengan model yang sudah dibuat oleh CARE-CIS Timor ini, akan diadopsi dan dilakukan serta dikembangkan di setiap kantor OPD Kota Kupang, kantor-kantor camat dan seluruh kantor lurah se-kota Kupang.”***

Kontributor:Germanus Attawuwur, Relawan CIS Timor

Iklan

Iklan