TPA dan TKK Pilarin OMJM Kupang Natal Bersama Sebuah Kesan Orangtua/Wali Anak Balita





Kupang, mutiaratimur.net

Taman Penitipan Anak (TPA) dan Taman Kanak - Kanak ( TKK) Pilarin OMJM Kota Kupang, menggelar Natal Bersama pada hari sabtu , 11 Januari 2020 bertempat di Kompleks Biara OMJM Jalan Perintis Kemerdekaan Kayu Putih Kota Kupang NTT.

 Kegiatan Natal bersama diawali dengan Misa Kudus yang  dipimpin oleh Imam Rm. Andy  dan dihadiri oleh Pengelola TPA,  Sr. Maria Concepción Fernández, OMJM., Kepala TKK,  Sr. Maristela Ermen, OMJM., dan  Pemimpin Komunitas Biara ordo OMJM Kupang,  Sr. Soraya Jabares, OMJM, Anak TPA, TKK Orangtua/ Wali dan Undangan lainnya.  Natal bersama  yang rangkaian acaranya dimulai dengan Misa atau perayaan Ekaristi Kudus bertempat di Kapela OMJM.

Suasana Natal terasa sangat sakral dan khusuk yang  dialami oleh anak- anak , orangtua dan undangan yang hadir. Nuansa suasana Natal masih sangat terasa karena disugukan dengan Nyanyiaan sorak sorai  Natal yang  penuh ceria  dan gembira yang dinyanyikan oleh anak-anak TKK Pilarin dengan ditopang oleh suara merdu dan energik dari para Suster TPA , TKK,  dan  dari biara Susteran  Ordo OMJM Kota Kupang,  Provinsi NTT itu.

 Pada akir  di bagian penutup Misa dilakukan  kegiatan prosesi cium kaki Bayi Yesus di palungan  oleh anak -anak TKK Pilarin, para Suster, dan orangtua/ wali.

Selesainya perayaan Ekaristi Kudus, acara Natal bersama tersebut dilanjutkann dengan adanya pentasan hiburan dari anak –anak  TPA dan TKK Pilarin. Anak-anak pada kesempatan pentasan, mereka diklasifikasikan dalam  kelompok sesuai  umur  dan mengenakan busana yang bernuansa Natal.

Suasana acaranya kuat terkesan semakin semarak, apalagi  MC atau pemandu  acara suster pembimbing dan pengajar anak –anak dengan gaya  khasnya penuh semangat dan  profokasi.
 Setiap acara pentas hiburan   yang dibawakan sesuai kelompok usianya , anak-anak betul-betul  mampu tampil sangat atraktif sesuai dengan dunianya;  lucu , ceria,   gembira ria  sangat menarik  dan menghibur para orang tua. Acara hiburan yang dibawakan anak-anak, diantaranya; Nyanyian lagu- lagu Natal, Lawak dan Lakon Drama Natal . Di setiap berjalannya acara hiburan, suara riuh dan gemuru oleh orang tua dan undangan yang hadir menyasikan penampilan anak -anak TPA dan TKK Pilarin tak terelakkan.





Orangtua anak dan undangan sungguh merasa  sangat  terhibur, senang, gembira dan bangga akan sajian pentasan   bagaikan acara dalam siaran  tv tentang dunia ceria anak-anak. Dalam usia yang masih Balita mereka mampu menyuguhkan atraksi yang penuh menghibur. Orang tua merasa puas dan bangga dengan penampilan anak-anak TPA dan TKK Pilarin.

Orang tua anak –anak  sepatutnya memberikan  apresiasi yang tinggi kepada Suster Pimpinan OMJM dan seluruh stafnya. Sebab para suster dan staf  begitu luar biasa mendesain acara pentas seni anak -anak TPA dan TKK Pilarin dalam menggali potensi bakat seni pada usia Balita dan telah ditunjukkan  untuk memeriakan Natal dan Tahun Baru 2020 bersama.

Kegiatan ini  pada prinsipnya bertujuan untuk membentuk karakter anak- anak sejak balita agar bertumbuh dan berkembang sesuai usia mereka. Sehingga mereka bisa bertumbuh dan berekembang menjadi matang dan dewasa nanti memiliki karakter yang kuat atau tangguh, berintegritas serta  punya komitmen diri.

Para orangtua pun akhirnya punya  harapan agar kegiatan tersebut  harus menjadi sebuah rencana wajib atau  kalender rutin tahunan di TPA dan TKK Pilarin OMJM Kupang,   NTT. *** (kontributor: Dr. Frans Sales,S.Pd, MM/ orangtua wali TPA Pilarin)




Iklan

Iklan