Panitia Paskah Wilayah 2 Paroki Penfui Gelar Donor Darah Sebagai Aksi Kemanusiaan

Kupang, mutiara-timur.com // PANITIA Paskah Wilayah 2 dari Paroki St.Yoseph Pekerja Penfui di masa pra Paskah tahun 2024 memaknai nilai puasa dengan menggelar aksi  kemanusiaan dalam rupa donor darah.

Demikian Ketua Panitia Paskah Lodovikus Taimenas yang didampingi Sekretaris Paskah Hendrikus Rindu memberi keterangan kepada media seusai kegiatan donor darah Senin, (11/3/24) di Sekretariat Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kota Kupang.

"Donor darah yang dilaksanakan hari ini sebagai bagian dari kami ingin memaknai puasa di masa prapaskah tahun 2024, sebuah wujud panggilan kemanusiaan untuk memberikan darah demi menolong sesama yang sakit dan memerlukan darah," ungkap Ketua Panitia.

Ketua Panitia juga menuturkan aksi ini merupakan semangat bersama setelah dipercayakan Pastor Paroki Wilayah 2 menjadi panitia paskah kali ini, dan dalam pertemuan kepanitiaan salah satu bentuk penghayatan puasa di masa prapaskah disepakati donor darah sebagai aksi kemanusiaan.

"Ya, kegiatan donor darah ini disepakati saat rapat panitia paskah di wilayah kami dalam agenda-agenda yang dipersiapkan bersama, lalu kami lapor ke Pastor Paroki, Romo Krist dan mendapat persetujuan untuk dilaksanakan," ucap Lodovikus.

Hendrikus Rindu, Sekretaris menambahkan bahwa setelah terprogramkan dan didukung Pastor Paroki, sebagai pengurus panitia langsung berkoordinasi dengan PMI Provinsi NTT dan disambut baik untuk kegiatan donor darah tersebut.

"Kegiatan donor darah adalah program panitia dengan mendapat dukungan Romo Paroki, lalu kami pun koordinasikan dengan PMI NTT dan langsung PMI bersedia datang untuk  mengambil darah dari panitia dan juga umat yang bersedia," tambah Sekretaris.

Ketua dan Sekretaris Panitia juga mengucapkan terimakasih yang berlimpah  kepada PMI NTT yang telah mendukung kegiatan Kepanitiaan Paskah tahun 2024. 

RD. Krispinus Saku, Pr memberikan rasa empatiknya dan apresiasi akan kegiatan donor darah yang digelar pada masa puasa sekarang.

"Saya sebagai Pastor Paroki dan rekan Pastor  merasa senang dan bangga atas kerja Panitia Kali ini  menyelenggarakan donor darah sebagai bentuk Aksi Kemanusiaan. Terima Kasih untuk Panitia dan PMI Provinsi NTT, atas kerjasamanya," ungkap Pastor Paroki St. Yosep Pekerja Penfui.

Kegiatan donor darah kerjasama Panitia Paskah Wilayah 2 Paroki Penfui dengan PMI Provinsi NTT hari ini menghasilkan 31 kantong darah,  yang terdiri dari Golongan Darah A=8, B=11, O=11, dan AB=1 kantong.

Afriana Bte Helni, Koordinator TIM PMI Provinsi NTT mengatakan, kegiatan  Donor darah adalah kegiatan mendonorkan atau menyumbangkan darah secara sukarela. Donor ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang memerlukan tambahan darah.

"Orang-orang itu, seperti penderita trauma berat yang kehilangan banyak darah, anemia, talasemia, hemofilia, hingga leukemia,"tuturnya.

Karena itu ia mengucapkan rasa terimakasih dan menaruh harapan akan pentingnya aksi kemanusiaan, donor darah kepada Panitia dan Pastor Paroki serta Pastor Rekan.

"Kepada Romo Paroki dan Rekan serta Ketua Panitia, Sekretaris, Pengurus serta semua bapak ibu yang ada menyumbangkan darahnya, kami pihak PMI Provinsi NTT menyampaikan terima kasih. Kami berharap agar kegiatan donor darah ini dapat berkesinambungan selama  tiga bulan, kalau boleh," ucap Afriana. *(Usgo)


.

Iklan

Iklan