ITC Centre Undana Siap Selenggarakan UTBK PTN

Mutiaratimur.net // UNIVERSITAS Nusa Cendana (Undana) Kupang, NTT kini memiliki gedung ITC Centre yang baru dan sudah dilengkapi dengan perangkat lunak seperti PC dan Server. ITC Undana menjadi tempat pelayanan Publik di era digitalisasi dan menjadikan Undana sebagai Perguruan Tinggi di NTT yang mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi termasuk untuk kebutuhan Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) bagi calon mahasiswa atau tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan Dr. Drs. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Plt. Wakil Rektor 1 (bidang Keuangan dan Umum) kepada media ini seusai acara uji coba perangkat lunak di gedung ITC Centre bersama Rektor, Dr. drh. Max U.E. Sanam, M.Sc dan pejabat tinggi Rektorat Undana lainnya pada, Kamis (28/4).

"Hari ini Pak Rektor bersama kami (beberapa pejabat tinggi Undana-red) mengikuti uji coba penggunaan perangkat lunak ITC,  komputer dan Server oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( LTMPN) Pusat. Tujuannya untuk mengetahui kesiapannya dalam rangka terlaksananya UTBK tahun ini. Karena LTMPN sebagai penyelenggara ingin melakukan pemetaan titik-titik kumpul UTBK di  rayon Undana," ungkap Siprianus Suban.

UTBK bagi calon mahasiswa yang mau tes PTN melalui rayon Undana sudah tersedia ada  enam titik kumpul.

"UTBK mahasiswa baru untuk PTN seluruh Indonesia kini ada enam titik kumpul. Di Undana empat titik kumpul, Politeknik satu dan Politani satu. Jadi dengan adanya sistem ITC ini setiap mahasiswa baru yang daftar langsung terkoneksitasi dan mahasiswa baru pun langsung mengetahuinya semua kaitan dengan UTBK," tuturnya.

Uji coba Server pada ITC Centre Undana itu juga untuk melatih para pengawas dan tenaga teknisi yang akan mendampingi mahasiswa baru saat ujian tertulis berbasis kompetensi nanti.

"Di ITC itu terdapat 417 PC dan 8 server. Hari ini diujicoba dengan melatih tenaga pengawas serta teknisi yang ada. Kegiatan UTBK akan didampingi 121 orang pengawas dan 60 orang teknisi. Ini yang dipersiapkan di Undana sekarang," ucap Siprianus yang sebelumnya Wakil Rektor 2 ( bidang kemahasiswaan dan alumni).

Plt. Wakil Rektor 1 juga menyampaikan, UTBK tahun ini diselenggarakan dua tahap. Tahap pertama tanggal 17 sampai dengan 23 Mei 2022 dan tahap kedua, tanggal 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Sedangkan dalam hal peserta menurut Sipri Suban, bila dilihat dengan tersedianya perangkat lunak sekitar 400 sampai 500 perserta.

Gedung ITC Centre ini juga selain untuk giat UTBK untuk keperluan testing masuk mahasiswa baru, tapi juga sebagai tempat pelayanan terintegrasi bagi mahasiswa dalam urus yang berkaitan dengan komputer. Bahkan terbuka untuk masyarakat dan lembaga pemerintah dalam kaitan dengan kegiatan pelayanan publik yang membutuhkan ITC. Undana sangat terbuka untuk kerjasama.*(go)

Iklan

Iklan