Kota Kupang Akan Terapkan Sistem Pendidikan Karakter Anak Seperti di Jepang

Kota Kupang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang akan bangun Karakter anak untuk mencintai lingkungan sekolah dan sekitarnya dengan meniru sistem pendidikan dari Jepang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Oktovianus Naitboho kepada media, Senin, 2 Oktober 2023 di ruangan Kepala dinas.

Sistem pendidikan yang berkarakter dari negara Nipon ini  menurut Oktovianus akan diterapkan di Kota Kupang sehingga anak didik Kota Kupang dapat terbentuk karakternya yang baik dengan penanaman disiplin. 

Pernyataan Kepala Bidang Pendidikan Dasar ini berdasarkan hasil kunjungannya ke Jepang' bersama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumul Djami yang di fasilitasi  oleh NGO internasional JICA.

JICA memberi support keberangkatan kunjungan keduanya sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat pengembangan pendidikan di Kota Kupang yang punya perhatian pada karakter anak terhadap persoalan lingkungan di Kota Kupang. 

Ini terlebih lagi menurut Kabid Pendidikan Dasar karena ada guru Kota Kupang yang berhasil menulis buku tentang pendidikan Karakter siswa berbasis lingkungan yang juga menjadi  konsentrasi perhatian NGO tersebut.

Sebut Oktovianus penerapan pendidikan karakter anak atau siswa ala Jepang diharapkan nanti hal itu merupakan follow up dari hasil kunjungan mereka. Disampaikannya bahwa karakter anak siswa di Jepang jauh lebih maju dari Indonesia, karena dukungan sarana dan prasarana yang memadai dan penanaman disiplin yang tinggi.

Dikatakannya juga di akhir bulan Oktober akan ada seminar dan kontrak kerjasama Pemerintahan Jepang dengan Pemerintah Kota Kupang di bidang Pendidikan. *(go)


Iklan

Iklan