Menerima Bantuan ETIKA, Wakil Bupati Kupang Menggambarkan Anggaran Pencegahan dan Dampak Covid-19


KUPANG, MT.NET - WAKIL Bupati Kupang, Jerry Manafe sangat apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Etnis Tionghoa Kupang, ETIKA atas pemberian bantuan Tower Cuci Tangan dan Sejumlah APD (baju hazmet, mantel, handscoon, kacamata, masker, handsanitizer dll).

Penyerahan bantuan ETIKA itu  diserahkan oleh Paul Linyanto sebagai anggota ETIKA bersama Ketua Umum ETIKA dr. Henrich Jodjana yang disaksikan oleh Ketua Panitia  Theodorus Widodo dan anggota David Kenenbudi, Edy Lau beserta dua orang ibu dari ETIKA dan turut hadir Direktur RSUD Naibonat dr. Erol Nenobais, dinas Pemberdayaan Masysarakat Desa (PMD) Kabupaten Kupang serta sejumlah tenaga medis Rumah Sakit tersebut. Sikap Wakil Bupati akan bantuan ETIKA yang diterima pada hari  Selasa (07/04) di rumah sakit sangat baik dan apresiatif.

"Kita bersyukur karena Kabupaten Kupang hingga saat ini tidak ada pasien Cobid-19, masih negatif. Kita berdoa kepada Tuhan supaya bisa menghalaukan virus ini supaya kita di Kabupaten Kupang dan seluruh NTT terbebas dari Covid-19. Apalagi ada bantuan tower cuci tangan saya percaya akan bermanfaat besar," ungkap Jerry Manafe.

 Perlu dipahami untuk mencegah dengan melawan pandemi corona virus pemerintah tentu tidak bisa berjalan sendiri tapi membutuhkan kemitraan, kerjasama, partisipasi, gotong royong atau kolaborasi dengan para pihak seperti para pengusaha dan masyarakat. Karena itu wakil bupati meminta semangat kebersamaan itu perlu ada.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas bantuan ini dan saya mohon agar para pengusaha, masyarakat seluruh NTT untuk  mendukung pemerintah. Kita berpartisipasi, gotong-royong, bahu membahu bantu pemerintah  terutama membantu masyarakat Kabupaten Kupang mencegah Covid -19 pada daearah ini di  provinsi Nusa Tenggara Timur. Kita berdoa supaya Indonesia dibebaskan dari Covid-19," ungkapnya.

Dalam hal kesiapan secara medis di kabupaten  Kupang guna menghadapi corona virus nampaknya sudah siap sebagaimana diyakini oleh beliau.

"Kita di Kabupaten Kupang punya rapid test, swab test, punya 13 dokter spesial, 12 doktet umum dan 26 puskesmas. Saya minta seluruh puskesmas kita sama-sama berkolaborasi, kerjasama dengan kepala desa, dusun agar di bulan April ini seluruh desa sudah disemprot disinfektan," tegas kader Golkar Kabupaten Kupang.

Kepada ETIKA beliau menaruh harapan besar agar dapat bekerjasama ke depan karena Kabupaten Kupang terlalu luas, pengusaha masih kurang. Kabupaten Kupang memiliki 24 Kecamatan, 160 desa dan 17 Kelurahan dengan jumlah penduduk sekitar 400 ribu lebih.

 "Kepada bapak Paul Liyanto, bapak  dr. Hendrik Jodjana, pak Theodorus Widodo, pak David Kenenbudi dan pak Edi Lau agar kedepan bisa memperhatikan Kabupaten Kupang, kita bisa bekerjasama." Ucapnya  mengakhiri kegiatan.

Soal Dana Penanganan Covid-19

Menurut Wakil Bupati, Jerry Manafe ada beberapa sumber mata anggaran yang dapat digunakan dan sudah siap untuk direalisasikan. Sumber dana itu seperti, dana pemberdayaan masyarakat dari Dinas PMD, setiap dusun sekitar 3,5 juta -3,6 juta untuk pencegahan Covid-19, dari dana desa 20 Milyard untuk pencegahan dan dampak Covid-19 terhadap masyarakat serta sumber dana yang diambil dari kas daerah dengan merevisi atau merasionalisasi beberapa mata anggaran perjalanan dinas sekitar 10 Milyard***(M2)

Iklan

Iklan